• Rabu, 28 September 2022

Atraksi Pramuka Jateng Memukau Penonton Saat Pembukaaan Jamnas Cibubur

- Senin, 15 Agustus 2022 | 12:13 WIB
atraksi tari Nusantara dalam pembukaan Jambore Nasional (Jamnas) XI dari Kwarda Jateng (Dok Pemprov Jateng)
atraksi tari Nusantara dalam pembukaan Jambore Nasional (Jamnas) XI dari Kwarda Jateng (Dok Pemprov Jateng)
WonosoboZone - Kontingen Kwarda Jateng sukses menampilkan atraksi tari Nusantara dalam pembukaan Jambore Nasional (Jamnas) XI, di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Jakarta, Minggu 14 Agustus 2022.
 
Sebanyak 272 orang Pramuka Kwarda Jateng langsung menampilkan aksi gabungan atraksi gelar keterampilan di Lapangan Utama, Bumi Perkemahan Cibubur. Mereka menjadi satu di antara penampil dalam pembukaan Jamnas.
 
Para peserta mengenakan kostum tari dari berbagai daerah seperti Jawa Tengah, Jakarta, Bali, Papua, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, dan Maluku. Peserta lainnya mengenakan pakaian Pramuka.
 
 
Sejumlah titik di lapangan terbagi untuk beberapa tim. Seperti dari kategori pionering berupa pembuatan menara kaki tiga dan kaki empat, jembatan penyeberangan, kapal, dragbar dan tenda. Lainnya, kategori ketangkasan berupa semaphore, kolone tongkat, dan parade umbul-umbul.
 
Berkali-kali aksi para peserta Jateng mampu menarik perhatian tamu undangan dan kontingen dari daerah lain, termasuk Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso, dan jajaran lain. Hadir pula, Wakil Ketua Bidang Humas dan Informatika Kwartir Daerah Jateng Riena Retnaningrum, dan Ketua Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda) Kwarda Jawa Tengah Hernowo Budi Luhur.
 
Usai acara, seorang peserta Citra Widyanirawan dari Kwarcab Purbalingga mengaku senang bisa tampil dalam pembukaan Jamnas 2022.
 
 
“Enggak nyangka bisa tampil di pembukaan Jambore Nasional di atraksi tadi,” kata Citra seperti dilansir dari jatengprov.go.id.
 
Dia mengaku sempat grogi ketika tengah tampil dalam pembukaan. Mengingat yang hadir berasal dari seluruh Indonesia.
 
“Saya tadi tampil sebagai penari. Sempat grogi tadi,” ungkap Citra.
 
 
Meski demikian, dia mampu tampil maksimal. Hal itu tak lepas dari giatnya persiapannya dalam melakoni latihan sejak Juni 2022 lalu. Citra mengaku, tampil pada pembukaan, membuatnya terkesan.
 
Tak jauh beda juga disampaikan Raissa Nafis Aufa dari Kwarcab Kebumen. Dia berhasil membawakan tari asal Jayapura dengan lancar.
 
“Sempat grogi. Mengatasinya ya tetap konsentrasi. Berkesan sekali bisa tampil di Jamnas,”  kata Raissa.
 
 
Ketua Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda) Kwarda Jawa Tengah Hernowo Budi Luhur mengungkapkan, seluruh tamu undangan yang hadir di pembukaan mengapresiasi penampilan atraksi Kwarda Jateng.
 
“Terima kasih luar biasa, 17 Kwarcab, kita kumpulkan 272 penggalang dengan nenghadirkan penampilan yang kompleks. Semua yang hadir ikut mengapresiasi Jateng,” ujarnya di lokasi.
 
Wakil Ketua Bidang Humas dan Informatika Kwartir Daerah Jateng Riena Retnaningrum mengatakan, tampilan atraksi Jateng memang menarik. Hal itu tak lepas dari dukungan semua pihak.
 
 
“Tentu itu tak lepas dari bimbingan Kak Ganjar (Ketua Majelis Pembimbing Daerah Jateng) dan Kak Atikoh (Ketua Kwarda Jateng),” ujarnya.
 
Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso mengatakan, semangat para peserta benar-benar terbangun secara maksimal di sini.
 
“Semangatnya terbangun semuanya,” kata Buwas, sapaannya di lokasi. ***
 

Editor: Rochmad Tri Apriliyanto

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ribuan Jamaah Hadiri Mojotengah Bersholawat

Selasa, 27 September 2022 | 14:30 WIB

Jago Merah Lalap Lima Rumah di Gunung Pitik Sapuran

Selasa, 27 September 2022 | 12:40 WIB

Ribuan Kades di Jateng Diajari Cara Perangi Korupsi

Senin, 26 September 2022 | 20:39 WIB

Program PTSL di Wonosobo Ditargetkan Rampung Pada 2025

Senin, 26 September 2022 | 20:17 WIB
X