• Rabu, 28 September 2022

Profil Singkat Moh. Hatta, Proklamator Kemerdekaan RI

- Senin, 15 Agustus 2022 | 08:25 WIB
Biografi Drs . Moh. Hatta, Pahlawan Nasional dengan Gelar Pahlawan Proklamator (dok. Kemdikbud)
Biografi Drs . Moh. Hatta, Pahlawan Nasional dengan Gelar Pahlawan Proklamator (dok. Kemdikbud)

Wonosobo Zone – Profil Moh. Hatta secara singkat akan dijelaskan dalam artikel ini. Dimana telah mencakup latar belakang keluarga, pendidikan, organisasi, dan pergerakan politiknya. Drs. H. Mohammad Hatta disebut juga panggilan khas Bung Hatta, beliau lahir di Bukittinggi 12 Agustus 1902.

Latar belakang serta pendidikan Moh. Hatta

Moh. Hatta lahir dari keluarga ulama asal Minangkabau, Sumatra Barat. Beliau menempuh pendidikan dasar di Sekolah Melayu, Bukittinggi. Lalu pada tahun 1913-1916 melanjutkan studinya ke Europeesche Lagere School (ELS) di Padang.

Ketika usia 13 tahun, beliau sudah lulus ujian masuk ke HBS (setingkat SMA) di Batavia (kini Jakarta). Hatta lalu melanjutkan studi ke MULO di Padang. Tepat pada 1919 Hatta pergi ke Batavia untuk studi di Sekolah Tinggi Dagang Prins Hendrik School, Batavia. Di sanalah, Hatta mulai aktif menulis. Karangannya juga berhasil dimuat dalam majalah Jong Sumatera.

Baca Juga: Sejarah Singkat Perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Setelah menyelesaikan studinya dengan hasil yang sangat memuaskan, pada 1921 Hatta pergi ke Rotterdam, Belanda untuk kembali belajar, dia mengambil ilmu perdagangan/bisnis di Nederland Handelshogeschool (bahasa inggris: Rotterdam School of Commerce, kini menjadi Erasmus Universiteit).

Di Belanda, Hatta tinggal selama 11 tahun. Pada 27 November 1956. Setelah lulus, Bung Hatta memperoleh gelar kehormatan akademis yaitu Doctor Honoris Causa dalam Ilmu Hukum dari Universitas Gadjah Mada di Yoyakarta.

Pergerakan Politik Moh. Hatta Dan Pengangkatan Wakil Presiden RI

Hatta mengawali karirnya di Indische Vereeniging pada 1922, sebagai bendahara. Penunjukkan Hatta berlangsung saat tanggal 19 Februari 1922, ketika terjadi pergantian pengurus Indische Vereeniging.

Baca Juga: Mengenang Sejarah Bendera Indonesia dan Makna Warna Merah Putih

Halaman:

Editor: Rochmad Tri Apriliyanto

Sumber: Kemerdekaan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Periksa Dua Saksi Usut Kasus Lukas Enembe

Selasa, 27 September 2022 | 07:30 WIB

Mendag Zulhas Beberkan Kunci Kendalikan Harga Pokok

Senin, 26 September 2022 | 06:56 WIB

BSU Tahap 2 cair! Pastikan Kamu Menerimanya

Minggu, 25 September 2022 | 19:19 WIB
X