• Rabu, 28 September 2022

Pengakuan Dari PBB Tentang Kemerdekaan Indonesia

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 11:30 WIB
Bendera Indonesia untuk pertama kalinya dikibarkan di PBB pada 28 September 1950.(Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia) Bendera Indonesia untuk pertama kalinya dikibarkan di PBB pada 28 September 1950.  Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengakuan PBB terhadap Kemerdekaan Ind
Bendera Indonesia untuk pertama kalinya dikibarkan di PBB pada 28 September 1950.(Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia) Bendera Indonesia untuk pertama kalinya dikibarkan di PBB pada 28 September 1950. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengakuan PBB terhadap Kemerdekaan Ind

WonosoboZone – Tepat pada tanggal 27 Desember 1949, Belanda secara resmi telah mengakui kedaulatan Indonesia.

Kemudian hampir satu tahun setelahnya, tepatnya tanggal 28 September 1950, Indonesia pun secara resmi menjadi anggota dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Pengakuan kedaulatan Indonesia oleh PBB lalu disahkan dalam Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa Nomor 86.

Mendapat Pengakuan Kedaulatan Dari Negara Lain

Baca Juga: Selalu Diputar Pada 17 Agustus, Mari Kenalkan Anak Lagu Kemerdekaan Sejak Dini!

Sejak Negara Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya di tanggal 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia juga berupaya menghimpun simpati negara-negara lain untuk bisa memberikan pengakuan terhadap kedaulatan Indonesia.

Pengakuan kedaulatan dari negara-negara lain ini sangat diperlukan dan dianggap begitu penting bagi bangsa Indonesia agar tidak akan diasingkan dalam hubungan internasional. Tidak hanya itu, dengan adanya pengakuan kedaulatan maka secara otomatis bangsa Indonesia bisa dengan mudah menjalin kerjasama dengan bangsa lain.

Negara-negara pertama yang ikut mengakui kedaulatan Indonesia adalah:

Baca Juga: Film Kemerdekaan - Soekarno Dengan Semangatnya

● Mesir
● India
● Australia
● Suriah
● Lebanon
● Arab Saudi
● Yaman
● Palestina
● Vatikan
● Belanda

Pengakuan kedaulatan oleh PBB
Setelah Negeri Belanda mengakui kedaulatan Indonesia tanggal 27 Desember 1949, kurang dari setahun kemudian, PBB mengakui kedaulatan Indonesia.

Halaman:

Editor: Rochmad Tri Apriliyanto

Sumber: Kemerdekaan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Periksa Dua Saksi Usut Kasus Lukas Enembe

Selasa, 27 September 2022 | 07:30 WIB

Mendag Zulhas Beberkan Kunci Kendalikan Harga Pokok

Senin, 26 September 2022 | 06:56 WIB

BSU Tahap 2 cair! Pastikan Kamu Menerimanya

Minggu, 25 September 2022 | 19:19 WIB
X