• Selasa, 6 Desember 2022

Lirik Lagu Hari Merdeka dan Maknanya

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 05:50 WIB
Lirik Lagu Kebyar Kebyar Gombloh, Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa (Pixabay/Ri_Ya)
Lirik Lagu Kebyar Kebyar Gombloh, Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa (Pixabay/Ri_Ya)

WonosoboZone – Setiap tanggal 17 Agustus, lagu Hari Merdeka akan selalu dikumandangkan pada momen upacara memperingati HUT RI.

Makna dari lagu Hari Merdeka ini adalah memberi semangat untuk terus berjuang tidak hanya ditujukan kepada para pejuang, namun ditujukan untuk kita semua dalam mengisi hari kemerdekaan.

Sejarah Tercipta Lagu Hari Merdeka

Lagu Hari Merdeka diciptakan oleh H Mutahar, yang juga turut terlibat dalam perjuangan untuk meraih kemerdekaan. Dia pernah menjabat sebagai Sekretaris Panglima Angkatan Laut RI di Kota Yogyakarta, Pegawai Tinggi Sekretariat Negara di Yogyakarta, Duta Besar RI di Vatikan dan Sekretaris Jenderal Departemen Luar Negeri.

Baca Juga: Sejarah Singkat Perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Saat menjadi ajudan bagi Presiden Soekarno, H Mutahar menciptakan lagu Hari Merdeka, lagu ini sebagai ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia. Ketika Soekarno dibuang ke Sumatra, H Mutahar juga yang telah menyelamatkan Sang Saka Merah Putih. Bendera yang sudah jadi itu, dijahit oleh Ibu Fatmawati, istri Soekarno

Saat masa itu Indonesia sedang berada di fase darurat. Soekarno lalu memanggil H Mutahar di pagi hari dan memintanya untuk bisa membuat lagu penghormatan.

Selanjutnya H Mutahar pun meminjam orkes keraton yang ada di sana. Kepiawaian Mutahar dalam menciptakan lagu pada akhirnya mendapatkan pujian dari Soekarno yakni pada saat upacara 17 Agustus 1946.

Baca Juga: Mengenang Sejarah Bendera Indonesia dan Makna Warna Merah Putih

Hingga kini, lagu Hari Merdeka wajib dinyanyikan pada saat upacara bendera dalam memperingati HUT RI. Selain lagu Hari Merdeka, Mutahar juga menciptakan lagu Syukur dan juga Dirgahayu Indonesiaku.

Halaman:

Editor: Rochmad Tri Apriliyanto

Sumber: Kemerdekaan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PUPR Mulai Bangun Hunian Tetap Tahan Gempa di Cianjur

Minggu, 4 Desember 2022 | 21:11 WIB

Menteri PUPR Basuki Ajak Warga Jaga Sungai Ciliwung

Minggu, 4 Desember 2022 | 20:45 WIB
X