• Selasa, 16 Agustus 2022

Aneka Gula Jawa Jahe Produksi Kampung Hijau Jonggolsari Diminati Hingga Luar Jawa

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 09:20 WIB
Produk Gula Jawa Jahe Asal Jonggolsari (Dok istimewa)
Produk Gula Jawa Jahe Asal Jonggolsari (Dok istimewa)

WonosoboZone - Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi ujung tombak dalam mencapai kebangkitan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Para pelaku UMKM didorong untuk dapat terus berkreasi dan berinovasi. Tak terkecuali bagi Kelompok Wanita Tani (KWT) Kampung Hijau di Desa Jonggolsari Leksono yang memproduksi Gula Jawa Jahe dengan 3 varian rasa berbeda.

Saat ditemui pada selasa 2 Agustus 2022 di Jonggolsari Leksono, Sekretaris Desa Jonggolsari, Marno menyampaikan, terdapat 3 varian rasa gula jawa jahe yaitu original, lemon, dan kopi.

Baca Juga: Resmi Dibentuk, FPBR Diharapkan Mampu Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana

Marno menuturkan gula jawa jahe produksinya sudah berdiri sejak 1,5 tahun lalu. Dalam sehari pihaknya mampu mengolah masing-masing 10 kg gula jawa dan jahe.

"Seluruh bahan baku gula jawa produksi KWT Kampung Hijau diperoleh dari hasil pertanian mulai dari gula jawa, jahe dan lemon dari Jonggolsari dan sekitarnya," ungkapnya.

Dirinya menambahkan pemasaran gula jawa jahe cukup diminati khususnya oleh wisatawan yang berkunjung ke Wonosobo.

Baca Juga: BADKO LPQ Wonosobo Melaunching Dana Abadi Santri , Lembaga Dibawahnya Diharapkan Bisa Lebih Mandiri

"Selain itu pesanan kerap datang dari berbagai daerah seperti Semarang, Magelang, bahkan Kalimantan dan Bengkulu," imbuhnya.

Marno berharap produksi gula jawa jahe KWT Kampung Hijau selain mampu memberdayakan wanita tani, mampu menyejahterakan seluruh pihak yang terlibat dalam produksinya tersebut. ***

Halaman:

Editor: Rochmad Tri Apriliyanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X