• Senin, 15 Agustus 2022

Resmi Dibentuk, FPBR Diharapkan Mampu Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 01:34 WIB
Pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) (Dok istimewa)
Pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) (Dok istimewa)

WonosoboZone - Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan unsur pentaheliks di masyarakat dalam pengurangan risiko bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo mengadakan kegiatan pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) pada Rabu 3 Agustus 2022 di Pendopo Bupati Wonosobo.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Wonosobo, Bambang Triyono menyampaikan, FPRB memiliki peran penting untuk peningkatan ketangguhan masyarakat dalam penanggulangan bencana melalui keterwakilan berbagai pihak yang terlibat di dalamnya.

Dirinya mengungkapkan, hampir seluruh wilayah di Wonosobo masuk dalam zona merah rawan bencana.

Baca Juga: BADKO LPQ Wonosobo Melaunching Dana Abadi Santri , Lembaga Dibawahnya Diharapkan Bisa Lebih Mandiri

"Sehingga melalui forum tersebut dapat menjadi langkah awal untuk memberikan informasi dan edukasi terkait pencegahan dan penanggulangan bencana," ujarnya.

Ketua FPRB Wonosobo, Bambang Wen berharap, kehadiran FPRB tersebut dapat meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.

"Karena bencana tidak bisa diserahkan kepada pemerintah saja, tetapi harus melibatkan unsur dalam pentaheliks yaitu Pendidikan, Bisnis, Komunitas, Pemerintah, dan Media," tegasnya.

Baca Juga: Bekali Wawasan dan Keterampilan, Desa Talunombo Gelar Pelatihan Bagi Linmas

Pihaknya juga akan segera berkoordinasi guna menyatukan visi, misi, dan kapasitas.

"Keanggotaan forum yang melibatkan seluruh elemen masyarakat diharapkan mampu meningkatkan kolaborasi dan sinergi seluruh pihak," tandasnya.***

Halaman:

Editor: Rochmad Tri Apriliyanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X