• Senin, 15 Agustus 2022

Bekali Wawasan dan Keterampilan, Desa Talunombo Gelar Pelatihan Bagi Linmas

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 19:50 WIB
Giat apel siaga dan latihan PBB bagi anggota Linmas (Foto dok. Istimewa)
Giat apel siaga dan latihan PBB bagi anggota Linmas (Foto dok. Istimewa)

WonosoboZone - Pemerintah desa Talunombo bekerja sama dengan Babinsa Koramil Sapuran Kodim 0707/Wonosobo dan Bhabinkamtibmas Polsek Sapuran, mengadakan giat apel siaga dan latihan PBB bagi anggota Linmas beserta perangkat desa, Rabu 3 Agustus 2022.

Linmas sendiri sangat berperan penting didalam menjaga dan memberikan perlindungan masyarakat di wilayah sekitarnya.

Selain itu banyak warga yang hanya melihat linmas atau sering mereka sebut dengan Hansip yaitu suatu tugas untuk pertahanan sipil saja, padahal mempunyai tugas dan wewenang yang lebih besar.

Baca Juga: Hingga Akhir Juni 2022 Penerimaan Pajak Capai Rp868,3 Triliun

Agar Linmas memiliki kapasitas yang baik di dalam menjalankan tugas menjaga ketentraman wilayah, Desa Talunombo mengadakan sebuah pelatihan Pembinaan Linmas yang bertujuan memberikan pemahaman dibidang pengamanan dan pertahanan untuk menghadapi situasi Kamtibmas dimasa mendatang.

Pengertian Satuan Perlindungan Masyarakat dapat ditemukan pada Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum pada pasal 1 butir 1 yaitu : Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Kegiatan Pelatihan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Desa Talunombo Badarudin dengan diikuti oleh para anggota Linmas sebanyak 27 orang, di lapangan Desa Talunombo.

Baca Juga: Sepak Bola : Perkembangan Sepak Bola Makin Baik, Pemerintah Akan Bangun Training Center di IKN

Adapun pelatih kegiatan tersebut yaitu babinsa Koramil Sapuran serta Bhabinkamtibmas Desa Talunombo Polsek Sapuran Aipda Sandi Hariyanto.

Badarudin menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan untuk menanamkan idiologi dan wawasan kebangsaan terutama kepada anggota Linmas dan Perangkat Desa serta mengecek kekuatan anggota Linmas menjelang HUT RI yang ke 77.

Halaman:

Editor: Ilham Ardha Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X