• Senin, 15 Agustus 2022

Omicron Varian BA.5, Sumbang 65 Persen Infeksi Di AS Dan Mampu Tembus Sistem Imun Dari Vaksinasi

- Jumat, 22 Juli 2022 | 19:14 WIB
Ilustrasi Covid-19. (Canva)
Ilustrasi Covid-19. (Canva)

WonosoboZone - Kasus Covid-19 kini telah meningkat kembali di sejumlah negara, salah satunya Amerika Serikat (AS), yang disebabkan oleh varian terbaru yaitu Omicron BA.5.

Dalam hal ini Omicron BA.5 setidaknya menyumbang 65 persen infeksi di AS, dan mampu menembus antibodi yang telah terbentuk melalui vaksinasi.

Sebuah penelitian terbaru mengemukakan jika orang yang divaksinasi lengkap dan pernah terjangkit Covid-19, akan memiliki respons antibodi yang kuat.

Baca Juga: Bawa Masa Depan Sri Lanka Presiden Terpilih Ranil Wickremesinghe Harus Tangani Ekonomi dan Kepercayaan Publik

Meski demikian, epidemiolog dari Yale School of Public Health, Ted Cohen mengatakan jika BA.5 punya daya yang bisa menembus antibodi yang dihasilkan dari vaksinasi.

 “BA.5 cukup berbeda dari beberapa jenis Omicron lainnya, sehingga orang bisa terinfeksi kembali dengan cepat setelah infeksi sebelumnya,” katanya seperti yang dikutip WonosoboZone dari artikel Pikiran-rakyat.com berjudul “Seberapa Ganas Omicron BA.5? Simak Penjelasan Epidemiolog Berikut”.

Infeksi ulang mungkin terjadi, bahkan dalam beberapa minggu setelah infeksi sebelumnya, tetapi tidak jelas seberapa umum infeksi ulang itu terjadi.

Baca Juga: Pemulangan Hari Ke Enam, 16.442 Jemaah Sudah tiba di Tanah air

Baru-baru ini, sebuah penelitian dari Qatar juga menemukan, jika kekuatan kekebalan dari infeksi sebelumnya sangat bergantung pada varian mana Anda terinfeksi.

Orang yang terinfeksi dengan varian yang mendahului Omicron seperti Delta atau Alpha, diperkirakan sekitar 15 persen terlindungi dari reinfeksi BA.5 simptomatik.

Halaman:

Editor: Ilham Ardha Saputra

Sumber: pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X