• Senin, 15 Agustus 2022

Fakta baru Pembunuhan Shinzo Abe, Surat Pelaku Ungkap Motif Dendam Terkait Ibu Kandung dan Kegiatan Agama

- Senin, 18 Juli 2022 | 17:17 WIB
Ilustrasi Penembakan (Foto dok. Pixabay/Steve Buissinne)
Ilustrasi Penembakan (Foto dok. Pixabay/Steve Buissinne)

WonosoboZone – Terungkap sebuah fakta baru dalam insiden penembakan yang menyebabkan mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe meninggal.

Pelaku penembakan Tetsuya Yamagami (41), pada malam sebelum eksekusi penembakan rupanya sempat mengirim surat. Tetsuya Yamagami menuliskan tentang rencana dirinya untuk membunuh Abe di dalam surat tersebut.

Diketahui dari surat tersebut jika, Abe dibunuh dengan motif dendam lantaran sang ibu dari pelaku yang bangkrut atas seruan Abe dalam hal pendirian rumah ibadah.

Baca Juga: Profil Anthony Sinisuka Ginting, Pemenang Singapore Open 2022

Menurut media Jepang, khususnya kantor berita Kyodo dan surat kabar Yomiuri, surat itu ditemukan oleh seorang pria yang menulis blog online.

Dalam surat yang dipublikasikan pada 13 Juli 2022 atau lima hari setelah serangan tragis di Abe, jelas terlihat pelaku mengkritik kegiatan Gereja Unifikasi.

Dilihat dari stempel di amplop, surat itu dikirim pada 7 Juli 2022, yaitu pada malam kejahatan dari Okayama, di mana Shinzo Abe juga tampil pada hari itu.

Baca Juga: Jelang 1 Muharram, inilah makna dari Tahun Baru Islam Bagi Umat Muslim

Sekarang, diketahui bahwa Yamagami awalnya ingin mencoba menyerang mantan perdana menteri di Okayama. Akan tetapi karena niatnya berubah lantaran Abe memberi pidato di aula, dengan penjagaan ketat.

Selain itu, pelaku mengatakan jika di pintu masuk perlu harus memperlihatkan undangan dan mengisi kuesioner dengan data pribadi. Mengetahui berisiko besar, tersangka meninggalkan aula tempat Abe pidato, dan rencananya membunuh tertunda.

Halaman:

Editor: Ilham Ardha Saputra

Sumber: pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X