• Senin, 15 Agustus 2022

Patut Dicontoh! Nelayan Di Panama Berlomba Pungut Sampah Plastik Untuk Kurangi Pencemaran Laut

- Selasa, 12 Juli 2022 | 22:12 WIB
Ilustrasi sampah yang berada di laut. (Canva)
Ilustrasi sampah yang berada di laut. (Canva)

WonosoboZone - Dengan semakin tingginya pemanasan global saat ini, kesadaran untuk mengurangi pencemaran laut semakin diperlukan. 

Dalam hal ini, para nelayan di Panama mewujudkan hal tersebut dengan melaksanakan perlombaan mengambil sampah plastik di laut sekitar negara yang berlokasi di amerika tengah ini.

Perlombaan menangkap sampah plastik ini ditengarai sebagai upaya mengurangi pencemaran laut yang makin memperburuk kondisi Bumi saat ini.

Baca Juga: Tembus 10 Ribu Kasus PMK, Peternak Bandung Harap Ada Uang Ganti Rugi Dari Pemerintah

Tidak kurang dari delapan kapal nelayan yang berlayar untuk membersihkan pantai Pasifik Panama dari sampah plastik pada akhir pekan lalu.

Para nelayan sendiri juga termotivasi karena pemenang dalam perlombaan menangkap sampah plastik ini akan mendapatkan hadiah uang tunai yang diberikan kepada tiga pengumpul tangkapan terbesar.

"Di tepi sungai dan laut, terlalu banyak sampah, yang sering menyulitkan nelayan menggunakan jaring untuk menangkap ikan, karena mereka harus lebih banyak waktu untuk tugas ini," kata Adonis Jaen, salah satu dari nelayan Panama yang ikut serta dalam perlombaan itu, dikutip WonosoboZone dari artikel Pikiran-Rakyat.com berjudul “Sadari Pencemaran Laut, Nelayan Panama Berlomba Pungut Sampah Plastik”.

Baca Juga: Fase Puncak Haji, Jemaah Haji Asal Indonesia Yang Meninggal Dunia Bertambah Jadi 41 Orang

Perlombaan menangkap sampah plastik sendiri diinisiasi oleh otoritas kebersihan perumahan dan perkotaan di Panama, yang berupaya meningkatkan kesadaran tentang dampak pencemaran laut.

Menurut sebuah studi tentang kondisi Bumi di tahun 2050, sampah plastik akan lebih memenuhi laut dibandingkan ikan.

Halaman:

Editor: Ilham Ardha Saputra

Sumber: pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X