• Senin, 15 Agustus 2022

Ritual Potong Rambut Gimbal Sedot Animo Wisatawan di Desa Sembungan

- Senin, 4 Juli 2022 | 20:04 WIB
Ritual Ruwat Cukur Rambut Gembel. (Foto dok. Pemkab Wonosobo))
Ritual Ruwat Cukur Rambut Gembel. (Foto dok. Pemkab Wonosobo))

WonosoboZone - Ada yang menarik di Desa Wisata Sembungan, pasalnya salah satu event yang telah ditunggu-tunggu oleh masyarakat Wonosobo dan para wisatawan yakni ritual Ruwat Rambut Gembel kembali diadakan, Minggu 3 Juli 2022.

Event tersebut disambut antusias oleh warga Wonosobo dan wisatawan yang berkunjung di Desa Wisata Sembungan Kejajar.

Tak sampai di situ, Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno yang mengunjungi Desa Wisata Sembungan dalam rangka kunjungan 50 besar desa wisata ADWI 2022, juga berkesempatan untuk mencukur rambut peserta rambut gembel.

Baca Juga: Hadapi Omicron BA.4 dan BA.5, Menkes Sebut Indonesia Lebih Baik Dari Negara Lain

Dilansir dari laman Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo, hal tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara dengan maksud memperkenalkan kembali Ritual Ruwat Cukur Rambut Gembel yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Kabupaten Wonosobo tersebut.

Menparekraf dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada Desa Wisata Sembungan.

“Kombinasi antara eco-tourism, dengan ritual budaya rambut gembel merupakan suatu kolaborasi pariwisata alam dan budaya yang fantastis,” ujarnya.

Baca Juga: Masjid Al Manshur Miliki Potensi Wisata Berbasis Religi

Desa Wisata Sembungan selama ini populer dengan Sunrise tercantik di Asia yang dapat dinikmati dari Bukit Sikunir, ada juga Telaga Cebong, edukasi pengelolaan sampah dan Curug Sikarim.

Kali ini event Ruwat Cukur Rambut Gembel ini juga menjadi bagian dari atraksi wisata budaya di kawasan wisata tersebut dan salah satu event rangkaian acara Hari Jadi ke- 197 Kabupaten Wonosobo.

Halaman:

Editor: Ilham Ardha Saputra

Sumber: Disparbud Kabupaten Wonosobo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X