• Senin, 15 Agustus 2022

Masjid Al Manshur Miliki Potensi Wisata Berbasis Religi

- Senin, 4 Juli 2022 | 18:47 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung di Masjid Al Manshur Kauman Wonosobo. (Foto dok. Kemenparekraf)
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung di Masjid Al Manshur Kauman Wonosobo. (Foto dok. Kemenparekraf)

WonosoboZone - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Masjid Al Manshur Wonosobo, Sabtu 2 Juli 2022.

Di Masjid inilah dahulu yang menjadi tempat bermulanya penyebaran ajaran agama Islam di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Menparekraf juga berkesempatan untuk berziarah, karena di dalam kawasan masjid terdapat makam salah satu tokoh penting yang turut menyebarkan agama Islam di Wonosobo, yaitu Kyai Walik.

Baca Juga: Moskow Klaim Telah Kuasai Seluruh Ukraina Timur Dalam 4 Bulan Terakhir

Menurut cerita, Kyai Walik ini melakukan perjalanan ke wilayah Jawa Tengah dan bermukim di Wonosobo hingga akhir hayatnya.

Dikatakan Menparekraf Masjid Al Manshur Wonosobo ini memiliki potensi wisata berbasis religi, sejarah, juga ziarah yang luar biasa dan harus dikembangkan.

Kendati demikian, potensi pariwisata ini perlu dibarengi dengan inovasi dan kreativitas yang out of the box, sehingga bisa dikembangkan potensi yang ada agar dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja.

Baca Juga: Tabrakan Dahsyat Grand Prix Inggris, Mobil Balap Terpental Hingga Bangku Penonton

Sebab, pariwisata memiliki multiplier effect, ketika wisatawan berkunjung ke suatu destinasi tentu ia akan mencari kuliner khas daerah hingga suvenir. Selain itu, ragam amenitas yang tersedia harus dijaga dengan baik.

“Penyebaran Islam di Pulau Jawa yang ternyata kilometer 0-nya ada di Wonosobo. Ini akan menjadi wisata ziarah yang dikunjungi, banyak masyarakat yang kalau berkunjung mereka pasti akan cari makan, maka UMKM kulinernya akan tumbuh, kemudian fesyen khas Wonosobo pun bisa ikut terangkat seperti peci khas, kaos, dan lain sebagainya,” kata Sandiaga, dilansir dari laman menparekraf.go.id.

Halaman:

Editor: Ilham Ardha Saputra

Sumber: Menparekraf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X