• Senin, 15 Agustus 2022

Pembelian Pertalite dan Solar Melalui Aplikasi Dinilai Sulitkan Masyarakat, Ini Tanggapan DPR

- Minggu, 3 Juli 2022 | 20:06 WIB
ilustrasi aplikasi mypertamina (Dok istimewa)
ilustrasi aplikasi mypertamina (Dok istimewa)

WonosoboZone - Kebijakan baru pemerintah terkait tata cara pembelian Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina dinilai mempersulit masyarakat.

Sebagaimana diketahui, Pertamina Patra Niaga mulai Jumat 1 Juli 2022 memberlakukan cara baru pembelian Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina.

Kebijakan tersebut mendapat sorotan dari Anggota Komisi VII DPR RI Rofik Hananto dalam siaran persnya yang dikutip dari laman dpr.go.id mengungkapkan, Membeli BBM dengan aplikasi MyPertamina dinilai tidak tepat.

Baca Juga: Keren, Desa Wisata Sembungan Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata 2022

"Sistem penggunaan aplikasi MyPertamina untuk pembelian Pertalite dan solar menurut saya kurang tepat. Justru ini menambah keribetan rakyat memperoleh haknya. Walau kebijakan ini untuk mengatur distribusi BBM bersubsidi agar tepat sasaran, tapi tujuannya belum jelas," urainya. 

Rofik lalu mempertanyakan, siapa yang bisa mendaftar di sistem MyPertamina, apa kriterianya, bagaimana pertamina tahu yang mendaftar ini adalah mereka yang berhak dan apakah ada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang menjadi pembandingnya.

Menurutnya, data yang disajikan DTKS tidak akurat. Jadi, tanpa ada kriteria yang jelas, siapapun bisa mendaftar di MyPertamina, termasuk orang kaya yang tidak berhak.

Baca Juga: Mantap, Pasangan Apriyani-Fadia Sabet Juara Malaysia Open 2022

Politisi PKS ini menambahkan, era teknologi sekarang ini harusnya membuat semua serba simpel, tapi ini malah dibuat ribet.

Sementara itu, hari pertama pendaftaran MyPertamina dibuka pada 1 Juli, laman https: //subsiditepat.mypertamina.id/ tidak dapat diakses. Berbagai kritik dilayangkan oleh netizen di sosial twitter.

Halaman:

Editor: Rochmad Tri Apriliyanto

Sumber: dpr.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tokoh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Senin, 15 Agustus 2022 | 19:18 WIB

Singgahnya Jepang ke Indonesia Berakhir Kemerdekaan

Senin, 15 Agustus 2022 | 10:35 WIB

Profil Singkat Moh. Hatta, Proklamator Kemerdekaan RI

Senin, 15 Agustus 2022 | 08:25 WIB

Radio Hoso Kyoku: Penyebar Berita Kemerdekaan RI

Senin, 15 Agustus 2022 | 06:45 WIB
X