• Senin, 15 Agustus 2022

Rayakan Bulan Bung Karno, Warga Desa Bergas Tanam Padi Bergambar Soekarno

- Rabu, 29 Juni 2022 | 08:00 WIB
Sawah Lukisan Bung Karno (Dok Istimewa)
Sawah Lukisan Bung Karno (Dok Istimewa)

WonosoboZone - Peringati Bulan Bung Karno, masyarakat Kampung Wisata Dewi Sri, Lodji Londo, Bergas Lor, Kabupaten Semarang, menggelar upacara Wiwitan pada selasa 28 Juni 2022.

Upacara wiwitan adalah ritual persembahan tradisional masyarakat Jawa, yang dilakukan sebelum panen padi dilakukan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun mengapresiasi masyarakat Kampung Wisata Gemar Dewi Sri, yang melukis sosok Bung Karno di sawahnya.

Baca Juga: Kesadaran Pejabat Di Jateng Laporkan Gratifikasi Tinggi, Begini Modus Dan Besarannya

Ditemui usai acara Ganjar tampak begitu bangga dengan keterlibatan seluruh komponen masyarakat untuk memperingati Bulan Pancasila sekaligus Bulan Bung Karno.

Ia mengatakan, karya lansekap ini adalah wujud ekspresi masyarakat dalam memperingati sekaligus menghormati jasa Bung Karno yang telah memperjuangkan kemerdekaan.

Disisi lain, Upacara wiwitan ini menjadi tak biasa karena sawahnya dilukis sosok Proklamator -Ir. Soekarno dengan tulisan Vivere Pericoloso.

Baca Juga: Masjid Roudhotussolihin Desa Talunombo Dapat Hibah Bedug Super Besar

Penggagas acara -Sidik Gunawan- mengatakan, proses melukis Bung Karno di sawah tersebut dimulai sejak sebulan yang lalu, tepatnya 22 Mei.

Ia pun menjelaskan Vivere Pericoloso adalah ungkapan dari Bahasa Italia yang dipopulerkan Bung Karno, pada tahun 1964 sebagai judul pidato kenegaraan pada peringatan HUT ke 19 RI. ***

Halaman:

Editor: Rochmad Tri Apriliyanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X