• Senin, 15 Agustus 2022

Dari Sampah, Warga Prajuritan Bawah Bisa Dirikan Koperasi Simpan Pinjam

- Rabu, 29 Juni 2022 | 07:00 WIB
Hasil kerajinan sampah daur ulang (Dok istimewa)
Hasil kerajinan sampah daur ulang (Dok istimewa)

WonosoboZone - Berangkat dari penuhnya tempat pembuangan akhir sampah, warga Prajuritan Bawah Kelurahan Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo mendirikan
Bank Sampah Praba (Prajuritan Bawah) sejak tahun 2011. Hal tersebut agar limbah sampah bisa diolah lebih produktif, dan menjaga kebersihan daerah sekitar.

Pada sela-sela pelantikan DPC Organisasi Gerakan Wanita Sejahtera Wonosobo di Pendopo Bupati pada Selasa 28 Juni 2022, Bendahara Bank Sampah Praba, Asiah menjelaskan, Bank sampah Praba dikelola secara swadaya oleh warga RW Praba.

"Sampah yang masuk ke bank sampah akan dibagi menjadi dua yakni sampah organik dan sampah anorganik," ungkapnya.

Baca Juga: Kesadaran Pejabat Di Jateng Laporkan Gratifikasi Tinggi, Begini Modus Dan Besarannya

Sampah organik berupa daun tumbuhan, sisa sayuran, sisa makanan yang akan diolah menjadi pupuk dengan bantuan alat komposter.

Sementara untuk sampah anorganik, seperti plastik, besi, kaca, alumunium di daur ulang menjadi produk kerajinan bernilai ekonomi contohnya tas, tempat pensil, dan vas bunga.

Asiah menyebut, Dari hasil penjualan produk daur ulang sampah baik pupuk maupun kerajinan tangan, perlahan Bank Sampah Praba bisa mengumpulkan pendapatannya, sehingga kini telah lahir Koperasi Praba Siwi.

Baca Juga: Masjid Roudhotussolihin Desa Talunombo Dapat Hibah Bedug Super Besar

Kegiatan utama Koperasi Praba Siwi yakni membantu memberikan kredit ringan kepada masyarakat sekitar.

Asiah berharap, Pemkab Wonosobo dapat memberikan perhatian dalam bentuk bantuan pemasaran produk-produk daur ulang sampah, sehingga dapat dijual tidak hanya di wilayah Wonosobo saja melainkan hingga keluar kota Wonosobo dan dapat menjadi tambahan income tetap bagi Bank Sampah Praba.***

Halaman:

Editor: Rochmad Tri Apriliyanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X