• Senin, 15 Agustus 2022

Fenomena Planet Sejajar Hari Ini, Tak Perlu Teleskop Untuk Melihatnya

- Jumat, 24 Juni 2022 | 13:58 WIB
Ilustrasi fenomena planet sejajar Datang tiap 18 tahun sekali. /Pixabay/Hphotostudio/pikiran-rakyat.com
Ilustrasi fenomena planet sejajar Datang tiap 18 tahun sekali. /Pixabay/Hphotostudio/pikiran-rakyat.com

WonosoboZone – Datang tiap 18 tahun sekali, fenomena langka planet sejajar pastinya akan sangat sayang untuk dilewatkan.

Meski demikian, pada puncak penampakannya yang terjadi mulai 24 hingga 27 Juni 2022, fenomena astronomi ini akan dapat terlihat dengan jelas.

Dalam kejadian ini lima planet yang akan tampak sejajar adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Terakhir tampak pada 2004 lalu, fenomena planet sejajar baru dapat terlihat kembali di tahun 2040.

Baca Juga: Vanili, Si Emas Hijau Komuditas Pertanian Potensial di Wonosobo

Akan tetapi, fenomena planet sejajar kali ini akan tampak lebih istimewa karena memiliki tingkat kecerahan yang sangat tinggi. Nah jika Anda ingin melihat fenomena planet sejajar, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Planet sejajar akan tetap terlihat di tengah kota Dilansir dari laman Pikiran-Rakyat.com berjudul “Fenomena Planet Sejajar Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang, Berikut 4 Hal yang Harus Diperhatikan” oleh WonosoboZone, keistimewaan fenomena planet sejajar pada 2022 adalah tingkat kecerahan yang sangat tinggi.

Artinya, fenomena planet sejajar akan tetap terlihat meskipun Anda sedang berada ti tengah kota sekalipun. Kendati demikian, pastikan jika cuaca sedang cerah dan tidak ada awan yang menghalangi.

Baca Juga: Pemkab Wonosobo Ijinkan Hajatan Digelar 100 Persen, Tapi Ada Ketentuannya

Terlihat di arah Tenggara

Fenomena planet sejajar dapat terlihat di bawah langit cerah pada arah horizon tenggara atau timur ke selatan.

Halaman:

Editor: Ilham Ardha Saputra

Sumber: pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X