• Jumat, 1 Juli 2022

Jateng Dapat 75.500 Dosis Tambahan Vaksin PMK

- Jumat, 24 Juni 2022 | 11:34 WIB
Jateng Dapat 75.500 Dosis Tambahan Vaksin PMK. (Foto dok. WonosoboZone/Adi Nugroho)
Jateng Dapat 75.500 Dosis Tambahan Vaksin PMK. (Foto dok. WonosoboZone/Adi Nugroho)

WonosoboZone - Provinsi Jawa Tengah akan mendapatkan tambahan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku setelah sebelumnya menerima 1.500 dosis vaksin PMK, dengan pengiriman yang dijadwalkan pada hari Kamis (23/6/2022).  

Disnakeswan Provinsi Jawa Tengah saat ini telah menyimpan setidaknya 75.500 dosis vaksin PMK kdalam fasilitas cold storage, yang akan segera didistribusikan ke 35 wilayah di Jateng. 

Vaksin PMK dari Kementerian Pertanian itu kemudian akan dikirim menggunakan mobil boks bersamaan dengan jatah alokasi vaksin untuk Provinsi DIY melalui perjalanan darat dari Gunung Sindur.  

Baca Juga: GeoDipa Lakukan Uji Alir Pada Sumur Produksi SLR-Q-31A

Menurut Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Jateng Agus Wariyanto, alokasi vaksin yang diterima merupakan bagian dari program vaksin darurat tahap satu. Dan kemudian akan dikirimkan kembali dalam pengiriman jatah vaksin tahap kedua. 

"Kita ditargetkan dari Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, paling lambat 2 Juli 2022 (penyuntikan) vaksinasi tahap pertama harus selesai. Kemarin kita dapat 1.500 dosis sekarang dapat 75.500 dosis," ujarnya, seusai menerima vaksin tersebut. 

Agus menerangkan, alokasi vaksin yang diterima diprioritaskan bagi hewan ternak rentan yang masih sehat. Seperti sapi perah, sapi potong di fasilitas pembibitan dan betina produktif. 

Baca Juga: Pemindahan IKN Dipastikan Sesuai Rencana

Ia menyebut, seluruh kabupaten kota di Jateng telah siap menerima alokasi vaksin. Namun demikian, Pemprov Jateng akan tetap melakukan monitoring terhadap kesulitan yang mungkin terjadi di lapangan. 

"Vaksinator kita siap. Yang harus benar-benar disiapkan juga adalah memilah dan memilih ternak yang betul-betul sehat. Sementara kalau sakit diobati. Agar yang sehat memunyai kekebalan setelah divaksin," jelasnya.

Halaman:

Editor: Ilham Ardha Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X