• Jumat, 1 Juli 2022

Sosialita Siap-Siap, Sederet Platform Digital Ini Terancam Diblokir Kominfo Dalam Waktu Dekat

- Kamis, 23 Juni 2022 | 19:24 WIB
Sosialita Siap-Siap, Kominfo akan blokir Instagram, YouTube, Whatsapp, Netflix hingga Zoom (kolase Pixabay/Tumisu/Hops.ID)
Sosialita Siap-Siap, Kominfo akan blokir Instagram, YouTube, Whatsapp, Netflix hingga Zoom (kolase Pixabay/Tumisu/Hops.ID)

WonosoboZone - Masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang selalu menggunakan aplilkasi digital dalam waktu dekat harus bersiap-siap dengan adanya kebijakan blokir Kominfo terbaru yang akan memblokir berbagai aplikasi seperti Instagram, YouTube, Netflix, Whatsapp hingga Zoom.

Kominfo sendiri sebagai regulator di Indonesia memang berhak untuk memblokir aplikasi di Indonesia jika tak memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Berbagai aplikasi menurut data dari Kominfo ternyata banyak yang belum memenuhi syarat, beberapa aplikasi tersebut seperti Instagram, YouTube, Netflix, WhatsApp dan juga Zoom.

Baca Juga: Dari Papua Sampai Tukang Bakso, Ini Candaan Megawati Yang Viral Di Medsos

Kominfo menganggap aplikasi tersebut bermasalah karena hingga saat ini belum mendaftarkan Private PSE (Electronic System Provider).

"Instagram, Whatsapp, Zoom, Netflix dan YouTube belum terdaftar di Private PSE list Kominfo. Kominfo akan mengambil langkah selanjutnya untuk memblokir platform ini jika mereka tak mendaftar sampai bulan depan," dikutip WonosoboZone dari Hops.ID dalam artikel “Sederet platform digital terancam akan diblokir Kominfo jika tak lakukan ini, mulai dari Instagram hingga Zoom”.

Diketahui PSE merupakan cara untuk membuat ruang digital di Indonesia menjadi sehat dan aman.

Baca Juga: Mahatir Mohamad Singgung Kedaulatan NKRI, Netizen: Memang Lagi Lucu-Lucunya

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi mengenai rencana pemblokiran dan penjelasan mengenai PSE bagi platform digital.

"Kita bisa mendorong penyelenggaraan sistem elektronik (platform digital) yang terdaftar ini untuk turut menjaga ruang digital Indonesia," ucapnya dalam konferensi pers.

Halaman:

Editor: Ilham Ardha Saputra

Sumber: Hops.ID

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kunjungi Ukraina, Jokowi Bawa Misi Perdamaian

Kamis, 30 Juni 2022 | 21:30 WIB
X