• Jumat, 1 Juli 2022

Pecahkan Rekor Dunia, Penduduk Kamboja Temukan Ikan Pari Tawar Terbesar Dengan Bobot 300 Kilogram

- Rabu, 22 Juni 2022 | 15:26 WIB
Pecahkan Rekor Dunia, Penduduk Kamboja Temukan Ikan Pari Tawar Terbesar di dunia Dengan Bobot 300 Kilogram di sungai Mekong. (Sumber foto: Saudi Gazette/Hops.ID)
Pecahkan Rekor Dunia, Penduduk Kamboja Temukan Ikan Pari Tawar Terbesar di dunia Dengan Bobot 300 Kilogram di sungai Mekong. (Sumber foto: Saudi Gazette/Hops.ID)

WonosoboZone - Ikan pari tawar terbesar di dunia ditemukan oleh penduduk Kamboja di sungai Mekong. Ikan ini berbobot sekitar 300 kg, yang kemudian memecahkan rekor sebagai ikan terbesar di dunia setelah sebelumnya pada tahun 2005 lalu ditangkap seekor ikan lele raksasa Mekong seberat 293 kg di Thailand.

Hal ini mengejutkan karena sejak penelitian dilakukan pada bulan Mei 2022 lalu, Ikan pari terbesar yang pernah diteliti hanya seberat 181 Kg, sedangkan ikan pari Mekong ini berbobot 300 kg, dan menjadi Ikan Pari Raksasa yang kedua.

Karena bentuknya yang bulat dengan panjang sekitar 3,98 meter dan lebar 2,2m, ikan pari tersebut kemudian dinamakan sebagai Boramy, yang berarti bulan purnama dalam bahasa Khmer.

Baca Juga: Nelayan Filipina Temukan Hiu Megamouth Terdampar, Spesies Paling Langka Di Dunia

Ikan pari ini kemudian dilepaskan kembali ke sungai setelah ditandai dengan menggunakan tag akustik oleh para peneliti untuk memantau atau melacak pergerakannya.

"Dalam 20 tahun kami meneliti ikan raksasa di sungai dan danau di enam benua tapi baru kali ini kami menemukan ikan air tawar terbesar di dunia. Menemukan dan mendokumentasikan ikan ini merupakan hal yang luar biasa," ujar Zeb Hogan, seorang ahli biologi yang pernah menjadi pembawa acara Monster Fish di National Geographic Channel, seperti dikutip WonosoboZone dari artikel Hops.ID berjudul “Penduduk Kamboja temukan ikan pari tawar raksasa, bobotnya mencapai 300 kilogram”.

"Ini adalah berita yang sangat menarik karena penduduk desa Kamboja telah menangkap ikan pari terbesar di dunia dan ikan ini hidup di sungai Mekong. Penemuan ikan berarti lingkungan perairan masih relatif sehat dan hal ini berbeda dengan sungai Yantgze, yang mana para ilmuwan menemukan kepunahan pada paddlefish di China," tuturnya.

Baca Juga: Miris, Demi Akses Makam Rasulullah Ratusan Calon Haji Indonesia Palsukan Tasrekh Raudhah

Adapun ikan Pari Boramy terjerat jaring di Koh Preah, pulau di sepanjang bentangan sungai kamboja Utara pada pekan lalu. Wonder of Mekong bekerja sama dengan Administrasi Perikanan Kamboja membentuk jaringan nelayan yang memperingatkan para peneliti jika mereka baru saja menangkap ikan raksasa atau terancam punah.

Menurut River Commission, sungai Mekong terkenal memiliki keanekaragaman hayati. Namun penangkapan ikan yang berlebihan, polusi, intrusi air asin dan penipisan sedimen telah mengancam ekosistem.

Halaman:

Editor: Rochmad Tri Apriliyanto

Sumber: Hops.ID

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X