• Jumat, 1 Juli 2022

Nelayan Filipina Temukan Hiu Megamouth Terdampar, Spesies Paling Langka Di Dunia

- Rabu, 22 Juni 2022 | 14:51 WIB
jenis hiu paling langka di dunia terdampar di pantai desa terpencil, Filipina. (tangkap layar Instagram @megamouth_sharks)
jenis hiu paling langka di dunia terdampar di pantai desa terpencil, Filipina. (tangkap layar Instagram @megamouth_sharks)

WonosoboZone – Para Nelayan di desa pesisir Bagacay, provinsi Sorsogon Filipina pada hari Sabtu(11/06/22), menemukan seekor Hiu Megamouth, dalam keadaan terdampar.

Hiu ini juga dikenal sebagai Megachasma Pelagios dan termasuk kategori jenis hiu paling langka di dunia.

Secara berurutan, Hiu Megamouth termasuk dalam ordo Lamniformes, famili Megachasmidae, genus Megachasma, dan spesies pelagios.

Nama Megamouth sendiri diberikan pada hiu tersebut karena memiliki karakter fisik utamanya yaitu bermulut besar.

Baca Juga: Miris, Demi Akses Makam Rasulullah Ratusan Calon Haji Indonesia Palsukan Tasrekh Raudhah

Juru bicara Biro Perikanan dan Sumber Daya Perairan (BFAR) Filipina, Nonie Enolva menjelaskan, jaring ikan diduga menjadi penyebab terdamparnya hiu Megamouth tersebut.

Hingga berita ini ditulis belum diketahui secara pasti penyebab kematian hiu Megamouth tersebut.

“Kami ingin mengetahui dan memverifikasi penyebab kematian hiu megamouth dan ingin melestarikannya melalui taksidermi atau menenggelamkannya melalui pengawetan," ujar perwakilan BFAR, seperti kutipan WonosoboZone dari artikel Hops.ID berjudul “Nelayan Filipina Temukan Hiu Megamouth Terdampar, Spesies Paling Langka Di Dunia”.

Hiu Megamouth hidup di 15.000 permukaan air dan telah menghabiskan waktu dalam kegelapan laut. Mereka memiliki mulut besar yang ternganga untuk memakan plankton.

Baca Juga: MUI Sesalkan Putusan PN Surabaya Sahkan Pernikahan Beda Agama

Halaman:

Editor: Rochmad Tri Apriliyanto

Sumber: Hops.ID

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X