• Jumat, 1 Juli 2022

Fenomena Astronomi Langka Tanggal 24 Juni Besok, Terjadi 18 Tahun Sekali!

- Rabu, 22 Juni 2022 | 11:26 WIB
Ilustrasi Tata Surya. /Pixabay/Hphotostudio
Ilustrasi Tata Surya. /Pixabay/Hphotostudio

WonosoboZone - Bulan ini, akan terjadi sebuah fenomena astronomi yang sangat langka terjadi, kejadian ini bisa disaksikan di sejumlah wilayah Indonesia.

Kabarnya, posisi dari lima planet di tata surya kita akan terlihat sejajar jika dilihat dari Bumi.
Disebut sebagai konjungsi kuitet, dalam fenomena ini sebanyak lima planet akan berada dalam keadaan sejajar saat itu.

Planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus adalah planet yang dilaporkan sejajar dalam fenomena ini. Fenomena langka ini sendiri terjadi setiap 18 tahun sekali.

Baca Juga: Dua Calon Jamaah Haji Alami Patah Tulang Di Mekah, Jatuh Saat Pakai Eskalator Masjidil Haram

Menurut salah seorang astronom dari NASA Michelle Thaller, fenomena itu sangat menarik untuk disaksikan karena bisa dilihat dengan mata telanjang.

“Planet sering kali semakin dekat satu sama lain dan semakin menjauh satu sama lain, tetapi ini terlihat dengan urutan yang sejajar. Itu hanya kebetulan,” katanya sebagaimana dikutip WonosoboZone dari artikel Pikiran-Rakyat.com berjudul “5 Planet Sejajar Terjadi Bulan Juni, Fenomena Astronomi Langka 18 Tahun Sekali”.

Konjungsi beberapa planet beberapa bulan ke belakang sempat terjadi, tetapi lima planet terlihat sejajar hanya terjadi setiap dua dekade.

Baca Juga: Tingkatkan Produktivitas Dan Mutu Tani, BRIN Luncurkan Program Uji Produk Inovasi Pertanian

Menurutnya, terakhir kali kelima planet terlihat sejajar pada Desember 2004. Lantas kapan waktu yang tepat untuk menyaksikannya?

Waktu yang tepat untuk menyaksikan lima planet sekaligus dari Bumi yakni pada 24 Juni. Dikutip dari laman Lapan, fenomena langka konjungsi lima planet bisa disaksikan mulai subuh atau 72 menit sebelum matahari terbit sampai akhir dari fajar atau sekitar 24 menit sebelum Matahari terbit.

Halaman:

Editor: Rochmad Tri Apriliyanto

Sumber: pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X