• Jumat, 1 Juli 2022

Stok Ketersediaan Hewan Kurban di Wonosobo Masih Aman

- Rabu, 22 Juni 2022 | 07:16 WIB
Ilustrasi Sapi yang menjadi salah satu hewan kurban (Dok Pixabay)
Ilustrasi Sapi yang menjadi salah satu hewan kurban (Dok Pixabay)

WonosoboZone - Menjelang Hari aya Idul Adha tahun 2022, Stok maupun ketersedian hewan kurban di Wonosobo terbilang cukup memadai bahkan lebih.

Meski tercatat terdapat total 944 hewan terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sejak 10 Mei 2022 - 19 Juni 2022, tetapi tidak berimbas pada populasi hewan ternak untuk kurban.

Ditemui pada Senin 20 Juni 2022 di kantornya, Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (Dispaperkan) Kabupaten Wonosobo, Dwiyama SB menyebut, bahwa di Wonosobo terdapat populasi sapi potong 21.815 ekor, kerbau 1.172 ekor, kambing 227.224 ekor, dan domba 91.417 ekor.

Baca Juga: Dapat 1.500 Dosis, Vaksinasi PMK di Jateng Mulai Kamis 23 Juni

Ia juga mengatakan bahwa dari total 944 hewan yang terjangkit PMK, 129 diantaranya sudah sembuh. Artinya, ketersediaan hewan untuk kurban di Wonosobo terbilang aman.

"Namun kami tidak bisa memastikan apakah hewan kurban yang ada di pasaran terjangkit PMK atau tidak, pasalnya penyebaran PMK antar hewan terbilang cukup cepat. Meski kami terus mengadakan pemantauan, namun masih ada kemungkinan hewan bisa terjangkit PMK setelah pemantauan," ujarnya.

Ia menjelaskan, Hewan kurban yang sudah berbentuk daging potongan tidak bisa diketahui apakah terkontaminasi PMK atau tidak, karena PMK hanya bisa terlihat saat gejala muncul pada mulut dan kuku hewan tersebut saat masih hidup.

Baca Juga: Diamankan 1.300 Personil Dan Garis Polisi, Laga Grup C Piala Presiden 2022 Pindah Ke Si Jalak Harupat

Namun Dwiyama menegaskan, selama daging dimasak sampai matang sempurna, maka masyarakat tidak perlu khawatir saat akan mengonsumsi daging.

Sebelum berkurban, masyarakat dihimbau untuk membaca terlebih dahulu Fatma MUI terkait Syarat dan Pedoman Ibadah Qurban di tengah wabah penyakit.

Halaman:

Editor: Rochmad Tri Apriliyanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X