• Senin, 15 Agustus 2022

Banyak Tantangan Wujudkan Semangat Inklusif Di Wonosobo

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 14:09 WIB
Penyandang Disabilitas (Foto dok. Kemendikbud RI)
Penyandang Disabilitas (Foto dok. Kemendikbud RI)

WonosoboZone - Semangat inklusif dari pemerintah Kabupaten Wonosobo terlihat tagline bahwa semua sekolah adalah sekolah inklusi.

Terbukti dari banyaknya sekolah di Wonosobo yang tidak ditetapkan sebagai sekolah inklusi, justru menerima dan melayani anak berkebutuhan khusus seperti penyandang disabilitas fisik.

Dalam perjalanannya, sekolah inklusi tentu tidak terlepas dari sebuah tantangan. Seperti yang dikatakan Kepala Bidang Bina Program dan Pengembangan (BPP) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo, Lintang Esti saat ditemui baru-baru ini menyampaikan, beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh sekolah inklusi.

Baca Juga: Akses Informasi Produk Hukum Semakin Mudah Melalui JDIH

"Tantangan tersebut diantaranya terkait satuan pendidikan, karena pada kenyataannya beberapa sekolah tidak memiliki sumber daya manusia untuk melayani anak disabilitas serta ketidaktahuan tentang memahami karakter siswa berkebutuhan khusus," ungkapnya.

Tak hanya itu, Lintang menyebut tantangan juga datang dari sisi orang tua siswa dimana orang tua juga harus bekerjasama dengan pihak sekolah.

"Tantangan tersebut masih terus diupayakan untuk mencari solusi agar para penyandang disabilitas bisa memperoleh kesempatan belajar yang sama dengan anak-anak lainnya," lanjutnya.

Baca Juga: Kronologi Meninggalnya Supporter Dalam Laga Persib vs Persebaya: Akibat Berdesak-Desakan

"Mengingat mereka adalah anak-anak spesial yang membutuhkan asistensi khusus," pungkas Lintang.***

 

Halaman:

Editor: Ilham Ardha Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X