• Senin, 15 Agustus 2022

Fahri Hamzah Kritik RKUHP Terbaru: Pemilik Marahin Pegawai Salahnya Apa?

- Jumat, 17 Juni 2022 | 14:07 WIB
Ilustrasi Hukum (Foto dok. Pixabay)
Ilustrasi Hukum (Foto dok. Pixabay)

WonosoboZone - Draft Rancangan KUHP (RKUHP), terutama pasal 353 saat ini mendapatkan sorotoan dari berbagai pihak, salah satunya adalah Politisi partai Gelora, Fahri Hamzah.

Dalam pasal ini salah satunya disebutkan: Setiap Orang yang di muka umum dengan lisan atau tulisan menghina kekuasaan umum atau lembaga negara dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun 6 (enam) bulan atau pidana denda paling banyak kategori II.

Hal ini menegaskan aturan yang melarang penghinaan masyarakat terhadap pejabat seperti Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, polisi, jaksa, gubernur, atau bupati/walikota.

Baca Juga: Armada Laut Sudah Disiapkan Di Perairan Jepang, China Siap Untuk Perang?

Adanya aturan tersebut kemudian menimbulkan kritik dari sejumlah pihak, Fahri Hamzah termasuk salah satu yang memberikan kritikan terkait pasal 353 ayat 1 di RKUHP.

"Marahin pejabat publik harusnya adalah hak dan kewajiban warga negara... Itu mirip dengan pemilik marahin pegawai supaya kerja bener... Salahnya apa?" kata Fahri Hamzah.

Fahri Hamzah menilai bahwa pejabat publik merupakan pegawai rakyat, sehingga harusnya tidak ada persoalan jika masyarakat memberikan kritikan kepada mereka.

Baca Juga: Cuti Melahirkan Jadi 6 Bulan, Ketua DPR: RUU KIA Ciptakan SDM Unggul

"Yg salah kalau pegawai maki2 pemilik karena nuntut dividen... Rakyat itu pemilik dan pejabat publik itu pegawai.. Itu logikanya," ujar Fahri Hamzah dikutip WonosoboZone dari Pikiran-Rakyat.com dalam artikel “Hina DPR Hingga Jaksa Bisa Masuk Penjara, Fahri Hamzah: Jangan Mudah Tersinggung dengan Rakyat”.

Oleh karena itu saat rakyat memberikan kritikan, Fahri Hamzah menilai seharusnya para pejabat publik tidak tersinggung.

Halaman:

Editor: Rochmad Tri Apriliyanto

Sumber: pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengakuan Dari PBB Tentang Kemerdekaan Indonesia

Minggu, 14 Agustus 2022 | 11:30 WIB
X