• Jumat, 1 Juli 2022

Wabah Tak Dikenal Merebak Di Korea Utara, Pyongyang Semakin Terbebani Lawan Covid-19

- Jumat, 17 Juni 2022 | 13:09 WIB
Dikabarkan, Pandemi Covid-19 di Korea Utara semakin meluas. /Reuters/KCNA/pikiran-rakyat.com
Dikabarkan, Pandemi Covid-19 di Korea Utara semakin meluas. /Reuters/KCNA/pikiran-rakyat.com

WonosoboZone - Meski masih berada ditengah penanganan pandemi covid-19, baru-baru ini di Korea Utara tengah merebak sebuah wabah yang tidak dikenal.

Wabah tersebut menyerang sebuah wilayah pertanian di Korea Utara, dan memiliki gejala pada saluran pencernaan para penderita.

Kim Jong-un, pemimpin tertinggi Korea Utara saat ini menjadi sangat kewalahan, karena pihaknya masih harus memutar otak dengan adanya wabah tak dikenal ini, disamping penanganan covid-19 yang terus mengalami lonjakan kasus.

Baca Juga: Kualitas Udara Jakarta Tidak Sehat, Indexsnya Capai 160

Untuk membantu menangani wabah tersebut, Kim Jong Un kini telah mengirim obat-obatan ke kota pelabuhan Haeju di provinsi Hwanghae Selatan.

“(Kim) menekankan perlunya menahan epidemi sedini mungkin dengan mengambil tindakan yang baik untuk mengkarantina kasus yang dicurigai untuk benar-benar mengekang penyebarannya, mengkonfirmasi kasus melalui pemeriksaan epidemiologi dan tes ilmiah,” kata KCNA, seperti yang dikutip WonosoboZone dari Pikiran-rakyat.com dalam berita berjudul “Korea Utara Diserang Wabah Baru di Tengah Lonjakkan Covid-19, Kim Jong Un Kewalahan”.

Kementerian unifikasi Korea Selatan mengatakan Seoul memantau wabah yang sedang melanda Korea Utara. Mereka mengklaim wabah itu adalah kolera atau tipus.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Masih Tinggi, Mendag Baru Segera Ambil Kebijakan Harga Migor Kembali Normal

Pyongyang menyatakan darurat nasional ketika Covid-19 menyerang hampir 393.000 warga Korea Utara.

“Penyakit usus seperti tipus dan shigellosis bukanlah hal baru di Korea Utara, tetapi yang meresahkan adalah penyakit itu datang pada saat negara tersebut sudah berjuang dari COVID-19,” kata profesor Shin Young-jeon di Fakultas Kedokteran Universitas Hanyang di Seoul.

Halaman:

Editor: Rochmad Tri Apriliyanto

Sumber: pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X