• Selasa, 6 Desember 2022

Kawasan Wisata Dieng Didorong Jadi Geopark

- Senin, 6 Juni 2022 | 18:39 WIB
Pendidikan dan Pelatihan Pengenalan Geopark di Wonosobo. (Foto dok. Disparbud Wonosobo)
Pendidikan dan Pelatihan Pengenalan Geopark di Wonosobo. (Foto dok. Disparbud Wonosobo)

WonosoboZone - Dalam rangka memajukan pariwisata Wonosobo, perlu kolaborasi yang sinergis antara Pemerintah Daerah, pelaku wisata, maupun lembaga non pemerintah yang memiliki komitmen dalam upaya memajukan pariwisata dan aspek-aspek penguatnya.

Hal ini disampaikan Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat dalam sambutannya saat membuka acara Pendidikan dan Pelatihan Pengenalan Geopark di Wonosobo yang diselenggarakan PPSDM Geominerba di Hotel Dafam, Senin 6 Juni 2022.

Kegiatan ini adalah kerjasama PPSDM Geominerba dengan Pemkab Wonosobo melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo dan beberapa OPD terkait lainnya.

Baca Juga: Hujan Roket Diatas Kiev, Russia Kembali Gempur Ibukota Ukraina

Kegiatan pelatihan tersebut diikuti para pelaku wisata Wonosobo khususnya yang berkecimpung di Kawasan Dieng, termasuk di dalamnya pokdarwis, pengelola wisata dan pemandu wisata.

Di samping itu Afif juga menekankan beberapa point terkait pengembangan Geopark di Kabupaten Wonosobo.

“Peningkatan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai Geopark penting untuk senantiasa diupayakan. Geopark mampu menyelesaikan permasalahan alam yaitu keragaman geologi, hayati dan budaya," ujarnya.

Baca Juga: Jurassic World Dominion Siap Tayang Besok, Simak Sinopsis Dan Ulasan Trailernya

Afif juga menegaskan perlunya mengembangkan Kawasan Wisata berkelanjutan yang berbasis pada asas perlindungan dan konservasi alam melalui pelindungan dan pengembangan ekonomi lokal.

Kabupaten Wonosobo memiliki banyak warisan geologi serta keanekaragaman hayati dan budaya khususnya di Kecamatan Kejajar dan Kecamatan Garung, yang memiliki potensi geopark di tingkat nasional, serta berharap akan maju ke tingkat internasional.

Halaman:

Editor: Ilham Ardha Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sebanyak 126 PNS di Wonosobo Terima SK Pensiun

Jumat, 2 Desember 2022 | 07:10 WIB

BLT di Magelang Mulai Disalurkan Kepada 8.059 KPM

Kamis, 1 Desember 2022 | 20:31 WIB
X