• Senin, 15 Agustus 2022

Pengerjaan Fisik Terus Dikebut, Satgas TMMD Sengkuyung Bangun Senderan Dengan Kawat Bronjong

- Selasa, 31 Mei 2022 | 15:50 WIB
Satgas TMMD sedang mengerjakan senderan. (Foto dok Kodim 0707/Wonosobo
Satgas TMMD sedang mengerjakan senderan. (Foto dok Kodim 0707/Wonosobo

WonosoboZone - Satgas TMMD Sengkuyung Tahap I Kodim 0707/Wonosobo saat ini tengah berjibaku dalam menuntaskan pekerjaan pembangunan jalan maupun senderan.

Pelaksanaan kegiatan yang berlangsung di Desa Kumejing, Kecamatan Wadaslintang itu saat ini tengah mengerjakan sebuah senderan dengan melakukan pemasangan kawat bronjong.


Dikutip WonosoboZone dari akun Instagram @kodim_0707_wonosobo, pada Senin (30/5/2022), Danramil 12/Wadaslintang Lettu Cpl Tulus Widodo, menyebut sampai saat ini pemasangan kawat bronjong pada senderan terus dikerjakan.

Baca Juga: MenPANRB Tegaskan Sanksi Berat menunggu CPNS PPPK yang Resign karena Gaji Kecil

"Sasaran pemasangan ada 2 tempat yaitu Bronjong Senderan Jalan 1 ukuran P 8 M dan L 4 M hasilnya 100 % dan Bronjong Senderan Jalan 2 ukuran P 8 M dan L 3 M baru mencapai 65 %," terangnya.

Saat ini menurutnya pekerjaan fisik terus dikebut oleh Satgas, sehingga pelaksanaan TMMD nantinya bisa selesai tepat waktu.

Lebih lanjut disampaikan oleh Danramil bahwa Bronjong adalah anyaman kawat baja yang dilapisi dengan seng atau galvanis. Anyaman kawat baja ini membentuk sebuah kotak atau balok. Bagian dalamnya diisi dengan batu-batu berukuran besar untuk mencegah erosi.

Baca Juga: Redmi 11 5G 2022 Segera rilis, Ponsel Terjangkau Kualitas HD

"Anyaman kawat baja ini dibuat dengan teknik lilitan ganda yang membentuk lubang-lubang berbentuk segi enam. Anyaman ini diikat secara kuat di antara sisi-sisinya sehingga tidak mudah terurai," imbuhnya.

Ikatan anyaman inilah yang membuat bronjong mampu menahan tanah sehingga tidak terjadi longsor atau erosi. Kawat yang digunakan berbahan baja berlapis galvanis sehingga kawat tidak mudah berkarat.

Halaman:

Editor: Rochmad Tri Apriliyanto

Sumber: Pendim 0707/Wonosobo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X