Tekan Angka Kecelakaan di Jalur Temanggung-Wonosobo, Polisi Gelar Ramp Check Kendaraan Barang dan Angkutan

- Sabtu, 18 Maret 2023 | 16:41 WIB
Polres Wonosobo menggelar kegiatan Ramp Check di rest area Reco. (Dok. Humas Polres Wonosobo)
Polres Wonosobo menggelar kegiatan Ramp Check di rest area Reco. (Dok. Humas Polres Wonosobo)

WonosoboZone - Guna menekan angka kecelakaan yang seringkali terjadi di jalur Temanggung-Wonosobo, jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Wonosobo menggelar kegiatan Ramp Check di rest area Sinsu Reco, Jumat, 17 Maret 2023.

Kasatlantas, AKP Ragil Irawan kegiatan yang meliputi pengecekan kondisi kendaraan angkutan barang maupun angkutan orang ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya menekan angka kecelakaan yang seringkali terjadi di jalur yang cukup ekstrim tersebut. 

“Kondisi jalur turunan ekstrim dan panjang menjadi salah satu penyebab seringnya terjadi kecelakan di jalur ini, hal tersebut tentu harus disikapi dengan melakukan pengecekan kondisi kendaraan sebelum melewati jalur ini,” ungkap AKP Ragil dalam keterangannya.

Baca Juga: Kemendag Musnahkan Barang Impor Pakaian, Spatu dan Tas Senilai 10 Miliar di Pekanbaru

Tak hanya memastikan kendaraan angkutan barang maupun orang dalam kondisi yang baik, Kasatlantas dan anggotanya juga melakukan penindakan terhadap pengemudi yang tidak dapat menunjukan surat-surat dan kelengkapan kendaraan.

“Total ada 127 kendaraan yang kita periksa hari ini, selain diperiksa kelayakan kendaraan kami juga menindak 20 pengemudi yang tidak bisa menunjukan surat-surat dan kelengkapan berkendara,” lanjutnya.

Kasatlantas juga menghimbua kepada seluruh pengemudi baik bus angkutan maupun truk angkutan barang yang akan melewati turunan tajam jalur Temanggung-Wonosobo agar selalu mengecek kondisi kendaraan baik rem maupun kondisi mesin.

Baca Juga: Perbaikan Jalan dan Pemenuhan Stok Sembako Jadi Fokus Pemprov Jateng Jelang Lebaran 2023

“Kami menghimbau kepada seluruh pengemudi utamanya angkutan barang yang akan melewati jalur turunan tajam Reco untuk memanfaatkan rest area Sinsu untuk mendinginkan mesin, pindah ke gigi rendah saat mulai turunan dan jangan menginjak rem terus menerus,” tegas Ragil.

Pihaknya berharap dengan adanya pengecekan dan himbauan yang dilaksanakan secara masif oleh Polres Wonosobo bisa mengurangi angka kecelakaan yang terjadi di jalur Reco.***

 

Editor: Wahyu Tri Atmojo

Sumber: Humas Polres Wonosobo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X