Bahaya Ke Wisata Dieng Wonosobo

WONOSOBOZONE – Wonosobo merupakan sebuah perlintasan yang menghubungkan semarang dan Purwokerto. Wisata Dieng adalah salah satu pesona alam paling memikat yang ada di Wonosobo, Jawa Tengah. Terletak 30 km dari pusat kota Wonosobo, berada di antara perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, tempat wisata Dieng disebut juga sebagai tempat persemayaman para dewa dewi.
Mengapa pada tulisan ini saya memberikan judul bahaya ke dieng wonosobo, sudah tentu membahayakan bagi mereka karena dengan sekali berkunjung kesana kalian akan kecanduan dan sudah pasti ingin kembali bernostalgia untuk berkunjung kesana.
Dan berikut adalah tempat wisata dieng yang bikin kamu kecanduan
Dieng memiliki sejumlah pesona wisata yang menawan, ada banyak objek menarik yang dapat Anda nikmati . Dari semuanya itu, berikut ini adalah sejumlah  wisata Dieng yang membuat kamu kecanduan.
1. Bukit Sikunir Dieng
Di bukit inilah keindahan sunrise (matahari terbit) paling memikat dapat Anda temui di kawasan wisata Dieng. Bukit Sikunir berada pada ketinggian sekitar  2.200 m dpl, terletak di arah selatan kawasan Dieng, secara administratif berada di Desa Sembungan, sebuah desa yang berada di permukaan tertinggi di seluruh Pulau Jawa.
Pesona warna oranye dari matahari yang terbit di kawasan ini begitu indah terlihat. Warna oranye tersebut seperti warna kunyit sehingga membuat masyarakat lokal memberi nama bukit tersebut dengan sikunir, berasal dari bahasa Jawa yaitu kunir, yang artinya kunyit.
Bukit Sikunir Dieng Wonososbo
2. Telaga Warna Dieng
Pada Kawasan wisata Dieng, terdapat sebuah telaga yang menyuguhkan fenomena alam yang begitu indah, yakni pergantian warna air dari telaga tersebut. Inilah Telaga Warna Dieng, sebuah pesona memikat yang dapat Anda temui di Kabupaten Wonosobo. Anda dapat menyusuri tepian telaga ini, juga terdapat balkon kecil sebagai tempat duduk bersantai menikmati keindahan alam yang ada di sana.
Jika Anda tertarik menyaksikan keindahan Telaga Warna Dieng secara utuh, Anda dapat mendaki ke puncak bukit yang memagari telaga tersebut. Di ketinggian itu, Anda akan menjumpai keindahan telaga dengan warna-warni yang begitu menawan hati, dengan gradasi warna yang memikat.
Air di telaga ini terkadang berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni seperti pelangi. Hal ini  terjadi karena di dalam air tersebut terdapat kandungan sulfur cukup tinggi sehingga ketika sinar matahari mengenainya, maka warna air telaga nampak berwarna warni. Di bagian tengah telaga ini, Anda dapat menyaksikan letupan air mendidih sebagaimana yang ada di Kawah Putih Ciwidey Bandung.
Telaga Warna Dieng Wonosobo
3. Telaga Cebong Dieng
Inilah telaga di atas awan, sebuah telaga yang berada di ketinggian 2.300 m dpl, terletak di Desa Sembungan. Telaga Cebong adalah harmoni alam yang indah yang dapat Anda temui di kawasan wisata Dieng di Wonosobo. Anda bahkan dapat berkemah di kawasan telaga ini.
Warna langit yang biru berpadu dengan hijaunya perbukitan yang memantul pada permukaan telaga yang tenang dan jernih. Di tempat ini, Anda akan merasakan keindahan alam yang begitu menawan dan udara pegunungan yang menyegarkan. Menaiki perahu dan mengitari telaga ini adalah cara terbaik untuk merasakan pesona alam yang dimiliki telaga di atas awan tersebut. Pernahkah terbayang oleh Anda berperahu di atas gunung, dan jawabannya adalaha telaga Cebong.
Air di telaga ini tidak bercampur dengan belerang, oleh sebab itu warnanya jernih dan bersih. Memiliki kedalaman 2 – 4 meter, Anda bahkan dapat memancing di Telaga Cebong ini. Pada umumnya, para penikmat perjalanan yang datang ke kawasan wisata Dieng terlebih dahulu menikmati sunrise di Bukit Sikunir Dieng sebelum singgah ke Telaga Cebong.
Telaga Cebong Dieng Wonososbo
Nah begitu sangat memikat bukan tempat-tempatnya, sebenarnya banyak tempat-tempat menarik lainya wisata dieng wonosobo.
Dan uutk menuju kesana ada beberapa rute yang  harus kamu ketahui jika kalian dari luar kota. Transportasi ke Wisata Dieng. Cara terbaik untuk dapat tiba di kawasan wisata Dieng adalah dari kota Wonosobo, Banjarnegara, atau dari Pekalongan. Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata Wonosobo ini, Anda dapat memilih beberapa rute transportasi di bawah ini yang paling cocok untuk Anda.
a) Jogja – Wisata Dieng
Rute perjalanan adalah Jogja – Sleman – Tempel – Muntilan – Magelang – Wonosobo – Dieng
Perjalanan sejauh 120 km, waktu tempuh 3,5 jam.
b) Magelang – Wisata Dieng
Rute perjalanan adalah Magelang – Secang – Temanggung – Parakan – Kertek – Wonosobo – Dieng
Perjalanan sejauh 65 km, waktu tempuh 2 jam.
c) Solo – Wisata Dieng
Rute perjalanan adalah Solo – Kartasura – Boyolali – Ampel – Salatiga – Bawen – Ambarawa – Secang – Temanggung – Parakan – Kertek – Wonosobo – Dieng
Perjalanan sejauh 180 km, waktu tempuh 6 jam.
d) Semarang – Wisata Dieng
Rute perjalanan adalah Semarang –  Unggaran – Bawen – Ambarawa – Secang – Temanggung – Parakan – Kertek – Wonosobo – Dieng
Perjalanan sejauh 120 km, waktu tempuh 3,5 jam.
Ref : initempatwisata[do]com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here