Babinsa: Pengecekan Irigasi perlu dilakukan

WONOSOBOZONE – Jaringan irigasi yang baik merupakan salah satu faktor suksesnya program Upsus Swasembada, oleh karenanya perlu adanya pengecekan pintu air agar irigasi selalu lancar. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 03/Mojotengah Serka Marwoto Hadi di aliran sungai Serayu (12/05).

Dari pengecekan tersebut didapatkan hasil bahwa saluran irigasi tersebut masih layak dan berfungsi cukup baik, hanya ditemukan sedikit retakan-retakan yang butuh penambalan yang mungkin bisa dilaksanakan perbaikan ringan nanti pada saat musim kemarau yang akan datang.

Fungsi pengecekan saluran ini adalah untuk mengontrol air yang masuk dari sungai serayu agar tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil, sebab air yang mengalir terlalu besar akan menyebabkan saluran air cepat rusak karena kelebihan debit air. Sedangkan jika terlalu kecil maka air tidak akan bisa mengairi sawah-sawah secara merata.

Menurut Serka Marwoto Hadi, pengecekan saluran irigasi bersama Babinsa ini rutin dilaksanakan agar kondisi saluran irigasi dapat terpantau. Para petani juga sudah melaksanakan himbauan dari PPL dan Babinsa untuk bersama sama menjaga saluran irigasi ini dengan baik semisal yang sudah ada yaitu melaksanakan pengerukan dasar saluran irigasi secara gotong royong. Dengan jaringan saluran irigasi yang baik diharapkan akan meningkatkan hasil pertanian dan akan membuat petani lebih sejahtera.

Dalam melaksanakan pendampingan kepada petani, Babimsa tidak hanya memberikan penyuluhan teori saja, namum juga memberikan kerja nyata di lapangan sehingga hubungan komunikasi sosial dengan masyarakat dapat berjalan dengan baik, agar kemanunggalan TNI dengan rakyat dapat terwujud untuk mencapai sasaran Binter.

Source:pendim0707
Editor tri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here