ASN Diingatkan Tidak Lakukan Pungutan Liar Pada Masyarakat

WONOSOBOZONE – Aparatur Sipil Negara (ASN) diingatkan Sekretaris Daerah, Eko Sutrisno Wibowo, untuk tidak melakukan pungutan liar (pungli) saat memberikan layanan kepada masyarakat, dalam bentuk apapun. Hal ini disampaikannya saat memberikan arahan Peringatan Tahun Baru Islam 1438 H, Kamis, 13 Oktober, di Masjid Agung Jami Wonosobo.
Menurut Sekda, ASN bertugas memberikan pelayanan optimal kepada publik tanpa pungutan sekecil apapun dan dalam bentuk apapun. Hal ini sekaligus untuk mewujudkan Aparatur Sipil Negara yang profesional dan bermoral sebagai penyelenggara pemerintahan yang menerapkan prinsip-prinsip pemerintahan yang baik (good governance) serta pemerintahan yang bersih (clean government) sebagai bagian dari reformasi birokrasi.
Hal ini penting diperhatikan oleh semua pihak, karena kredibilitas dan integritas ASN sebagai pelayan publik sangat dipertaruhkan, dan jika diketahui ada ASN yang melakukan pungli, pihaknya tidak segan-segan mengambil tindakan tegas. Peringatan Tahun Baru Islam diingatkan Sekda, bisa menjadi batu loncatan, dalam mewujudkan ASN yang bersih dan bersikap melayani publik dengan sebaik-baiknya.
Senada hal tersebut, K.H.Supomo Ibnu Sahid, di hadapan ratusan ASN, jajaran BUMD serta warga masyarakat, dalam tausiyahnya mengingatkan bahwa momentum peringatan Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah, bagi seluruh umat Islam di Wonosobo, selain untuk semakin mempertebal keimanan kepada sang pencipta, juga mampu memaknai peringatan ini, untuk hijrah atau meninggalkan dari hal-hal yang buruk menuju kebaikan, yang mana hal ini bisa dimaknai, bahwa seluruh Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemkab Wonosobo juga harus berani meninggalkan hal-hal yang kurang positif dalam memberikan layanan publik, sehingga performa mereka lebih optimal, dengan mengedepankan etos kerja yang disiplin, jujur, serta bertanggung jawab.
Dalam kesempatan peringatan tahun baru Islam kali ini, ikut diserahkan bantuan dari Takmir Masjid Agung Jami Wonosobo beserta Yayasan Madina berupa bantuan pendidikan dan alat tulis kepada siswa kurang mampu, serta bantuan uang kepada warga kurang mampu, yang diserahkan Sekda, Eko Sutrisno Wibowo serta Ketua DPRD Kabupaten Wonosobo, Afif Nurhidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here