Aqua Wonosobo gandeng Polsek sosialisasikan safety riding

WONOSOBOZONE – Para warga sekitar kawasan PT. Tirta Investama Aqua Wonosobo mendapat pembekalan cara berkendara yang aman dan nyaman (safety riding) oleh Kapolsek Kota Wonosobo, AKP Widyanto.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Rumah Makan Restu Bunda Kalibeber Mojotengah ini (11/10/17) dihelat oleh PT Aqua Tirta Investama Aqua Wonosobo melalui Corporate Sosial Resposibility (CSR).

Dalam kegiatan ini, para peserta diberikan pemahaman bagaimana mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya yang baik dan juga ditekankan agar selalu melakukan budaya tertib lalu lintas sebagai kebutuhan.

Anis Fuad mewakili Aqua Wonosobo mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu konstribusi perusahaan kepada lingkungan sekitar pabrik. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada para masyarakat agar dapat berkendara dengan baik dan benar sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

“Nantinya para peserta juga diharapkan dapat mengedukasi dan saling mengingatkan kepada warga yang lainnya terutama kepada keluarga tentang safety riding”, tambah Anis

Kapolsek Kota Wonosobo menuturkan kecelakaan lalu lintas di Indonesia menjadi pembunuh terbesar ketiga setelah penyakit jantung dan TBC. Sehingga dengan adanya sosialisasi safety riding dapat menekan angka kecelakaan.

Dalam kesempatan itu AKP Widyanto selaku narasumber menghimbau bagi pengguna motor untuk tidak menaruh STNK di dalam jok namun diusahakan disimpan ditempat yang aman seperti dompet dan lainnya.

“Faktor kehilangan kendaraan salah satunya adalah kelengahan korban, jadi motor harus dikunci ganda, STNK disimpan di dalam dompet, karena bila ditaruh dibawah jok, maka pencuri akan dengan mudah menjual hasil rampasannya”, himbau Widyanto.

Tak hanya safety riding, di sela-sela materi, Widyanto juga mensosialisasikan aplikasi Polri “Punic Button” kepada para warga yang hadir.

“Punic Button adalah aplikasi berbasis Android. Saat kita tekan tombol panic, aplikasi akan langsung mengirimkan alert dan titik koordinat pengguna ke Command Center Polda Jateng untuk selanjutnya akan didispatc kepada petugas yang berada paling dekat dengan lokasi untuk diberikan pertolongan”, kata Widyanto

“Selain itu Punic Button juga diperuntukkan kepada masyarakat yang ingin melakukan pengaduan”, tambah Kapolsek

Kapolsek yang sehari sebelumnya melakukan ungkap kasus pencurian sepeda motor ini pun mengakui, budaya tertib lalu lintas sebagai kebutuhan memang masih belum seperti yang diharapkan.

“Namun, pihak Kepolisian tidak akan berhenti memberikan pemahaman safety riding”, pungkas Widyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here