Antisipasi Malam Tahun Baru, Polres Siapkan Rekayasa Jalur Dieng

Diskusi Polres untuk menyiapkan arus jalur dieng

WONOSOBOZONE – Untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas pada malam tahun baru utamanya di wilayah Dieng, Polres Wonosobo menyiapkan beberapa skenario rekayasa arus di sepanjang jalur tersebut. Upaya tersebut merupakan salah satu langkah guna mencegah terjadinya kemacetan panjang maupun kecelakaan lalu lintas pada perayaan pergantian tahun.

Hal tersebut dipaparkan saat rapat antisipasi tahun baru di Ruang K3i Polres Wonosobo, Senin (26/12) siang.
Kapolres Wonosobo AKBP Muhammad Ridwan, melalui Kasubbag Humas AKP Agus Priyono, mengungkapkan bahwa berdasarkan analisa, selalu terjadi peningkatan pengunjung di wilayah Dieng. “Banyak wisatawan yang akan menghabiskan malam pergantian tahun di Dieng. Hal ini tentu menimbulkan efek terjadinya kepadatan arus baik di sepanjang jalur maupun di lokasi obyek wisata,” terangnya.

“Untuk mengantisipasinya, kami menyiapkan beberapa skenario untuk mengurai kepadatan kendaraan. Diantaranya menyiapkan pagar betis di lokasi tanjakan 15 persen, Gardu Pandang dan Pertigaan Dieng,” lanjut Kasubbag Humas.

Selain upaya itu, Polres Wonosobo juga menyiapkan rekayasa di sepanjang jalur wisata. “Untuk wilayah dieng, jika terjadi kepadatan, kami siapkan rekayasa yaitu arus lalu lintas dibuat satu arah searah jarum jam,” katanya.

“Sedangkan guna mengantisipasi kendaraan yang tidak kuat menanjak, kami siapkan mobil derek dan mobil penarik di Gardu Pandang Tieng,” lanjutnya.

Selanjutnya, Kasubbag Humas menegaskan, apabila memang upaya itu belum mampu meminimalisir kepadatan, pihaknya akan mengupayakan alternatif lain. “Kami akan memasang rambu pemberitahuan jika memang jalur dieng padat. Untuk kendaraan yang akan naik, akan kita masukkan sementara ke kantong parkir dan rest area yang juga kita siapkan,” terangnya.

Kasubbag Humas juga menghimbau kepada para pengunjung dieng agar lebih mengoptimalkan penggunaan angkutan umum. “Kami himbau terutama bagi pengunjung yang belum pernah ke Dieng agar menggunakan angkutan umum. Selain untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, juga mencegah kendaraan macet saat menanjak,” tutup Kasubbag Humas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here