Antisipasi Kenakalan Remaja, PIK RM Gelar Orientasi Pengurus

Salah satu Nara sumber tengah memberikan arahan kepada Kader PIK RM di ruang Mangunkusumo
WONOSOBOZONE – Pusat Informasi Konseling Remaja dan Mahasiswa atau PIK RM yang dinaungi PPKBPPPA menyelenggarakan sosialisasi dan orientasi pengurusnya se-Kabupaten Wonosobo, Rabu dan Kamis (22-23/2) di Ruang Mangunkusumo Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Wonosobo. Ketua Panitia, Mukharom mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut sebgai bentuk upaya peningkatan pengetahuan pengurus terkait konseling seputar remaja dan kesehatan reproduksi. Peserta yang terlibat lebih dari 100 remaja sebagai perwakilan tingkat Kecamatan, Desa atau Kelurahan, maupun mahasiswa. “PIK ini kan orang-orangnya harus siap memberikan informasi dan memberikan konseling di sekitarnya, maka kita siapkan kader melalui kegiatan seperti ini,” terang Mukharom.
Mukharom menambahkan, peningkatan kualitas SDM para pengurus merupakan langkah yang cukup efektif dalam mencegah dan mengurangi tingkat kenakalan remaja. Karena menurut Mukharom, PIKRM yang ditugaskan di tiap Kecamatan dan Desa nantinya akan dijadikan sebagai mentor konseling ataupun tempat curhat remaja sebayanya. “Sekarang jarang anak yang curhat dengan guru ataupun orang tua, malahan mereka curhat di sosial media. Nah ketika curhat di sosmed, yang dikhawatirkan ada tangapan yang keliru dari netizen, imbasna anak salah tangkap dan mendapat informasi yang salah,” uraninya.
Kedepan, Mukharom berharap Remaja yang dilatih benar-benar siap dan mampu mengajak remaja yang berperilaku menyimpang untuk berbenah diri dengan melakukan hal yang positif di usianya. “Semoga dengan menyiapkan kader tingkat remaja ini merupakan langkah efektif dlam mengurangi kenakalan remaja,” tandasnya.(Ard)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here