Antisipasi Bencana Alam, Polsek Kalikajar Sebar Ratusan Himbauan

WONOSOBOZONE.COM – Untuk mengantisipasi timbulnya korban jiwa saat terjadi bencana alam, Polsek Kalikajar menyebarkan ratusan leaflet himbauan kamtibmas, Selasa (7/1). Selain dibagikan kepada warga, leaflet tersebut juga ditempel di lokasi-lokasi strategis.


Kapolsek Kalikajar Iptu Budi Rustanto mengungkapkan, upaya ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan Polsek Kalikajar dalam rangka pencegahan timbulnya korban saat terjadi bencana alam.

“Dengan kondisi cuaca saat ini dimana intensitas hujan cukup tinggi, menjadikan wilayah Kalikajar memiliki potensi terjadi bencana alam seperti tanah longsor dan puting beliung,” ungkapnya.


Seperti yang terjadi beberapa waktu yang lamu dimana ada 8 desa di Kalikajar yang terkena angin kencang dimana merupakan Kecamatan dengan jumlah rumah terdampak angin kencang terbanyak,” lanjut Iptu Budi Rustanto.

Yang terakhir, pada hari Sabtu (4/1) sore kemarin di wilayah Dsn. Butuh Desa Butuh Kecamatan Kalikajar menjadi sasaran angin puting beliung,” imbuh Kapolsek Kalikajar.


Beruntung kejadian tersebut hanya menimbulkan kerugian materiil tanpa ada korban luka maupun korban jiwa. “Oleh karenanya, hari ini kita sebar himbauan kamtibmas ke seluruh desa di wilayah Kalikajar, yang isinya agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya bencana alam,” terang Iptu Budi Rustanto.

Selain itu, kami juga sudah mengirim surat kepada Camat Kalikajar serta seluruh Kades, untuk ikut menyosialisasikan ancaman bencana alam. Peran Bhabinkamtibmas dan Polmas juga kami optimalkan untuk pemetaan wilayah dan pendampingan warga,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasi Humas Polsek Kalikajar sekaligus Polmas Desa Kwadungan Aiptu Anang R mengungkapkan pihaknya sudah menjalin komunikasi aktif dengan perangkat desa maupun tokoh masyarakat.

Di Kwadungan terdapat banyak potensi bencana alam, seperti angin puting beliung, longsor maupun sambaran petir,” katanya.

BACA JUGA:  FESTIVAL SINDORO-SUMBING BAKAL JADI PERHELATAN PRESTISIUS

Diharapkan dengan adanya himbauan ini, masyarakat akan semakin waspada. Bencana alam memang diluar kemampuan manusia, namun semoga tidak menimbulkan korban jiwa,” jelas Aiptu Anang.

Dan ternyata upaya yang dilakukan Polsek Kalikajar ini mendapat sambutan baik dari warga masyarakat. Disampaikan oleh Kadus Gunung Malang Desa Purwojiwo, Dwi Slamet. Sebagai dusun tertinggi di Kalikajar, wilayahnya memang memiliki potensi besar terjadi bencana alam.

Semoga dengan adanya himbauan dari Polsek Kalikajar ini, masyarakat akan semakin waspada dan hati-hati. Contohnya saat berada di ladang kemudian tiba-tiba mendung, lebih baik langsung pulang agar tidak terkena sambaran petir,” ungkapnya. (Ard)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.