Angka Kematian Ibu Makin Tinggi, 11 Bulan Terakhir Sudah 13 Kasus

WONOSOBOZONE – Jumlah kasus kematian Ibu(AKI) hamil maupun ibu melahirkan di Kabupaten Wonosobo terus meningkat dalam tiga tahun terakhir. Direktur RSUD Setjonegoro, dr Muhamad Riyatno, M.Kes menyebut jumlah kasus kematian ibu sepanjang 10 bulan terakhir sudah mencapai 13 kejadian. Jumlah tersebut, menurut Riyatno meningkat bila dibandingkan Tahun 2014 maupun 2015, dimana angka kematian ibu mencapai 10 dan 11 kasus. “Hal ini menjadi pekerjaan rumah tidak hanya bagi Dinas Kesehatan semata, namun juga semua pihak yang terkait, termasuk unsur masyarakat perlu terlibat dalam upaya menekan terjadinya kematian bayi atau kematian ibu,” tutur Riyatno di sela peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tingkat Kabupaten Wonosobo, di alun-alun Kota, Jumat (11/11).
Dalam mengupayakan berkurangnya AKI maupun AKB, Direktur kelahiran Grobogan 47 Tahun lalu itu menegaskan pentingnya warga masyarakat Wonosobo menyadari adanya perubahan paradigma kesehatan. Saat ini, menurut Riyatno paradigma kesehatan tak lagi berorientasi pada pengobatan atau pemulihan, melainkan lebih ke arah pencegahan penyakit. Pemkab, melalui Dinas Kesehatan maupun RSU sampai Puskesmas, diakuinya akan semakin gencar mempromosikan pentingnya pencegahan ini ke masyarakat. “Hari Kesehatan Nasional, yang tengah kita peringati hari ini termasuk menjadi upaya promotif untuk mengedukasi warga masyarakat melalui berbagai kegiatan, seperti jalan sehat dan sosialisasi cara mencuci tangan yang benar,” tandasnya.
Terkait upaya pembangunan bidang kesehatan, seiring dengan bergulirnya program sustainable Development Goals (SDGs), Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo menegaskan sektor kesehatan tetap menjadi prioritas. Arah pembangunan bidang kesehatan, dikatakan Wabup akan lebih menyeluruh dan berorientasi pada pencegahan, sehingga warga masyarakat Wonosobo di masa mendatang jauh lebih sehat dan berkualitas. “Harapannya, adalah melalui momentum HKN ini, seluruh masyarakat Wonosobo kian sadar, bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, dan seperti halnya tema peringatan kali ini, Rakyat sehat, Indonesia Kuat,” tegas Wabup seusai melepas start jalan sehat keliling Kota Wonosobo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here