Anggaran Terbatas, Pemeliharaan Jalan Maksimal Sepanjang 1000 Kilometer

WONOSOBOZONE – Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Kabupaten Wonosobo, Supriyanto menegaskan bahwa usulan untuk peningkatan status jalan dari Jalan Poros desa menjadi Jalan Kabupaten tak bisa serta merta dipenuhi. Menurutnya, panjang jalan Kabupaten saat ini sudah mencapai 779 kilometer, dan dengan anggaran pemeliharaan yang hanya sekitar 4 Milyar per tahun, pihaknya mengakui sangat sulit mengakomodasi semua usulan. Masih dalam kajian Bappeda dan mungkin penambahan maksimal hanya sekitar 221 kilometer saja, sehingga nantinya jalan Kabupaten mencapai 1.000 KM, tegas Supriyanto ketika ditemui di sela acara sarasehan dalam rangka penyerapan aspirasi progtam 100 hari Bupati-Wabup di Kecamatan Kejajar, Selasa (19/4).
Dari program roadshow 100 hari Bupati-Wabup yang sudah menyambangi 5 Kecamatan, isu terkait infrastruktur, khususnya terkait kondisi jalan memang selalu mengemuka. Selain di Kecamatan Kejajar, permintaan warga masyarakat agar Pemerintah Kabupaten membenahi jalan juga mengemuka di Kecamatan Garung. Demikian pula dengan Kecamatan lain seperti Wadaslintang, Kaliwiro dan Selomerto, terang Supriyanto. Pihaknya, menurut Supriyanto juga sudah ditugaskan Bupati untuk secepatnya mengalokasikan anggaran pembenahan infrastruktur jalan untuk Tahun 2016. Kendala yang sering muncul adalah ketika anggaran sudah tersedia, proses lelang tak bisa berlangsung sesuai target, jelas Supri lebih lanjut. Karena itulah, Supri mengaku pihaknya akan bekerja lebih keras untuk memenuhi tuntutan masyarakat, terutama terkait perbaikan jalan yang menjadi tanggung jawab Kabupaten.
Terkait tuntutan masyarakat, Bupati Eko Purnomo menegaskan bahwa ia bersama Wakil Bupati dan jajaran birokrasi Pemkab akan berupaya sekuat tenaga untuk memenuhinya. Dengan berkeliling ke 15 Kecamatan ini kami juga berupaya menampung aspirasi warga masyarakat agar ke depan, langkah dan arah pembangunan Kabupaten Wonosobo semakin terarah dan fokus, jelas Bupati. Termasuk infrastruktur, Bupati mengaku akan memantau secara intensif upaya pembenahan yang dilakukan Dinas terkait. Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga sudah saya tugasi untuk secepatnya merampungkan pembenahan, dengan anggaran yang pada Tahun 2016 ini telah dialokasikan, tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here