Aktivitas Warga Akan Dibatasi Saat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

WONOSONOZONE.COM – Tingginya angka positif Covid-19 di Kabupaten Wonosobo menjelang hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, membuat Pemerintah Kabupaten Wonosobo menghimbau warga untuk tidak merayakan tradisi lebaran seperti biasanya serta akan melakukan pembatasan aktivitas warga mulai hari pertama lebaran hingga H+9 mendatang.

Himbauan tersebut secara resmi telah diterbitkan dalam bentuk Instruksi Bupati Nomor 091 Tahun 2020, tertanggal 14 Mei 2020. Dalam Instruksi tersebut tertuang beberapa himbauan diantaranya agar warga meniadakan tradisi halal bi halal saling berkunjung ke rumah sanak saudara, baik dalam 1 lingkungan desa, antar desa, maupun antar Kecamatan pada hari raya Idul Fitri 1441 H mendatang, tidak melakukan kegiatan Takbiran keliling, Sholat Idul Fitri agar dilaksanakan di rumah masing-masing secara sendiri atau bersama keluarga.

Selain beberapa himbauan diatas, Pemkab juga akan melakukan pembatasan aktivitas warga di tingkat desa/kelurahan. Dikutip dari suaramerdeka.com, Sekda Wonosobo One Andang Wardoyo yang ditemui di sela random rapid test di sekitar Plaza Wonosobo, Minggu (17/5/2020) mengatakan, masing- masing desa akan membatasi aktivitas masyarakatnya. Orang dari dalam tidak boleh keluar, dan orang dari luar tidak boleh masuk ke dalam. Dengan kata lain, akses yang ada di desa masing-masing akan ditutup.

Sementara untuk tempat umum seperti pasar, Pemkab masih berkoordinasi untuk dilakukan penutupan, sehingga pembatasan aktivitas warga selama sembilan hari ini bisa maksimal,” harapnya.

Sementara itu Kapolres Wonosobo Fankky Ani Sugiharto mengatakan pihaknya mendukung upaya yang dilakukan oleh Pemkab Wonosobo.
Pihaknya akan melakukan patroli terkait pembatasan aktovitas warga ditingkat desa/kelurahan, sehingga masyarakat benar-benar mematuhi imbauan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 ini.

‘’Kami bekerja sama dengan kampung siaga Covid-19 untuk mendeteksi dini terkait kasus penyebaran virus atau tindak kriminalitas,” tandasnya.

BACA JUGA:  Wonosobo Raih Juara 2 & 3 Kontingen MAPSI Provinsi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.