AKIBAT KERACUNAN JAMUR, SATU KELUARGA DI BANJARNEGARA DILARIKAN RUMAH SAKIT

BANJARNEGARA – Akibat keracunan jamur liar empat orang di Desa Tanjungtirta, Kecamatan Punggelan, Banjarnegara dilarikan ke rumah sakit.

Saudara korban Miskiah (31) mengatakan, ada empat anggota keluarganya yang dibawa ke rumah sakit setelah mengkonsumsi jamur itu.

“Jamurnya dimasak sayur bening, padahal biasanya juga tidak apa-apa. Tetapi sekarang yang makan pada mengalami pusing diare dan mual-mula. Kakek, dua anaknya dan satu cucunya jadi kami bawa ke rumah sakit,” ujarnya saat ditemui di RSUD Hj Anna Lasmanah, Banjarnegara, Kamis (7/2/2019).

Miskiah mengatakan, jamur ini diambil di kebun di daerah tempat tinggalnya. Jamur ini bukan tumbuh di batang pohon namun di tanah. “Warna jamurnya coklat. Diambil dari tanah, bukan yang biasanya di pohon-pohon,” katanya.

Keluarganya tidak tahu jika jamur tersebut beracun. Mengingat sebelumnya juga sudah pernah mengkonsumsi jamur jenis tersebut.

Perwat RSUD Hj Anna Lasmanah, Ika Veriawati, membenarkan adanya 4 pasien keracunan. Namun saat ini, kondisi 4 pasien keracunan tersebut sudah berangsung membaik. “Kemungkinan besok sudah diperbolehkan pulang. Sekarang kondisinya sudah membaik,” jelasnya.

Dinas Kesehatan Banjarnegara belum bisa memastikan terkait jamur tersebut. Saat ini, jamur berwarna coklat tersebut diteliti oleh petugas Dinas Kesehatan Banjarnegara.

Artikel ini dikutip dari detik.com dengan judul “Sekeluarga di Banjarnegara Dirawat Karena Keracunan Jamur”
https://m.detik.com/news/berita-jawa-tengah/d-4418084/sekeluarga-di-banjarnegera-dirawat-karena-keracunan-jamur

BACA JUGA:  TASPEN salurkan jaminan kematian pertama di Wonosobo
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.