Akhirnya, Pokdarwis Kalianget Terbentuk

WONOSOBOZONE – Memangku sebuah objek wisata populer dan menjadi salah satu destinasi unggulan, Kelurahan Kalianget, Kecamatan Wonosobo justru belum memiliki Kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Hal itu, akhirnya membuat keinginan warga setempat untuk turut berperan aktif dalam upaya memajukan objek wisata Taman Rekreasi Kalianget tak terakomodasi dalam wadah resmi. Tak ingin terus-menerus diam, para pemuda Kalianget pun memutuskan untuk membentuk pokdarwis, sebagai wadah menyuarakan serta mengaktualisasikan kiprah mereka. Jumat (28/10), Pokdarwis yang mereka cita-cita kan terbentuk secara resmi, ditandai dengan pelantikan jajaran pengurus oleh Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wonosobo, Agus Purnomo.
Dalam acara pelantikan di kawasan Taman rekreasi Kalianget yang dihadiri pula beberapa anggota DPRD tersebut, Kepala Kantor Parekraf mengungkap harapan, pokdarwis yang baru terbentuk, mengoptimalkan peran mereka. “Inisiatif kaum muda Kalianget ini layak mendapat apresiasi karena berarti mereka memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar,” ungkap Agus. Dengan telah terbentuk nya kelompok sadar wisata, Agus berpesan agar para pengurus maupun anggota bisa turut menjaga obwis Kalianget,  termasuk menjaga kebersihan dan keindahannya, serta bersinergi dengan pengelola dari Pemkab.
Senada dengan Agus, dua anggota Dewan yang hadir dalam pelantikan, Rofik Azis dan Handayani juga berharap terbentuk nya Pokdarwis, akan mampu mengangkat potensi-potensi wisata lain di sekitar Kalianget. “Potensi wisata tak hanya kolam air hangat saja, karena sungai di sekitar obwis juga bisa dioptimalkan untuk arena arung jeram mini atau semacam river tubing,” kata Rofiq. Sementara, Handayani selaku anggota dewan yang juga warga Kalianget, berharap pembentukan pokdarwis mampu memberdayakan warga masyarakat sehingga akan berimbas positif pada perekonomian mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here