Ajak Masyarakat Berpartisipasi, Satlantas Andalkan Paras Asasi


WONOSOBOZONE Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam tertib berlalulintas, sekaligus sebagai wujud keikutsertaan dalam Lomba Pelayanan, Aksi dan Inovasi (Lompia) Lantas Award jilid 2 tahun 2016 yang digelar oleh Ditlantas Polda Jateng, Satlantas Polres Wonosobo gencar melaksanakan Program Terobosan Lalu Lintas Ajak Masyarakat Ikut Bersosialisasi (Paras Asasi).

Kapolres Wonosobo AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum. melalui Kasatlantas AKP Nur Saja’ah, S.H. yang ditemui disela-sela tasyakuran HUT Polwan di Mapolres Wonosobo (2/9) menyatakan, pihaknya memang gencar mengajak masyarakat untuk ikut serta bersosialisasi tertib berlalulintas. “Setiap hari, personel Satlantas akan mengajak sekumpulan masyarakat di lokasi keramaian untuk memberikan dukungan penciptaan tertib berlalulintas. Wujudnya adalah dengan foto bersama sembari diberikan himbauan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas,” katanya.

“Selanjutnya petugas kami akan meminta warga tersebut untuk mengupload foto tersebut ke sosial media yang dimilikinya. Sehingga secara tidak langsung, ajakan dan dukungan untuk tertib berlalulintas ini akan tersosialisasikan lebih luas,” terang AKP Nur.

Dengan adanya program ini, Kasatlantas berharap bahwa gema sosialisasi tertib berlalulintas dapat terus berlanjut. “Tujuan akhirnya adalah agar setiap warga masyarakat mengerti dan memahami arti penting tertib berlalulintas untuk kemudian menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Kasatlantas.

“Program ini juga sebagai salah satu langkah untuk menyiasati kurangnya personel kami yang bertugas memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu Kanit Dikyasa Satlantas Ipda Suriyanto menegaskan bahwa ajakan tertib berlalulintas yang dilaksanakan oleh petugas Polri akan sia-sia jika tanpa peran serta masyarakat. “Untuk itu kami mengajak seluruh elemen masyarakat guna ikut serta berpartisipasi mensosialisasikan tertib berlalulintas ini. Karena saat mereka ikut bersosialisasi secara tidak langsung akan mempunyai tanggung jawab moral untuk berperilaku tertib terlebih dahulu,” terang Kanit Dikyasa.

HUMAS POLRES WONOSOBO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here