Agus Hidayat Terpilih Ketua Baru Karang Taruna Wonosobo

PLENO. Siding pleno pemilihan ketua karang taruna kabupaten di Sindoro Sumbing, kemarin (22/12). Foto Erwin/wonosobo
Karangtaruna Rangkul berbagai profesi

WONOSOBOZONE – Momentum akhir tahun juga menjadi momen penting bagi Karangtaruna Kabupaten Wonosobo yang menapaki reorganisasi pemilihan ketua baru yang diadakan kemarin, (22/12) di Sindoro Sumbing, kertek. Usai pembukaan oleh pengurus dan Pembina, pembacaan tatib temu karya, hingga siding pleno, akhirnya dipilih Agus Hidayat yang pada periode sebelumnya menjabat sebagai sekretaris pengurus kabupaten.
Sebelumnya, turut membuka acara perwakilan Karangtaruna Jawa tengah, Bayu Kurniawan juga menyampaikan amanat ketua Karang taruna Provinsi yakni kondisi terkini dari Karangtaruna.
“Dari temu karang taruna di daerah-daerah, banyak disepakati bahwa perlu adanya database yang tak hanya memetakan keanggotaan maupun administrasi, juga untuk petakan potensi-potensi di daerah. Awalnya kelembagaan Karang Taruna dari dirjen kemensos dan kini beralih ke bidang, namun harapan kami tidak akan kurangi semangat seluruh rekan di daerah,” ungkap Bayu.
Selain itu, demi menyelaraskan program-program baik nasional maupun daerah, akan diadakan kunjungan dan Wonosobo masuk di dalam agenda tersebut pada tahun 2017 mendatang.
“Selain untuk memperkuat silaturahim, juga akan adakan pelatihan yang disesuaikan dengan tiap daerah,” imbuhnya.
Senada, Kabag Soskesra Setda, Eko Suryanto juga menilai bahwa memang karang taruna masih harus banyak berbenah. Namun kerja keras selama bertahun-tahun dari tingkat desa hingga kecamatan dan kabupaten pasti akan berbuah manis. Salah satunya untuk membenahi bidang ekonomi masyarakat yang dibantu dengan perombakan organisasi baru dengan mengakomodasi berbagai elemen masyarakat.
“Karang taruna bisa jadi pos pengungkit kesejahteraan dan kami berharap bisa mewadahi teman-teman dari berbagai unsur lini profesi termasuk diantaranya lembaga penyiaran (radio) dan juga dari anggota dewan komisi D. tak lupa dari Bappeda dan bidang pariwisata yang merupakan potensi besar di Wonosobo,” kata Eko.
Menilik rekam jejak karang Taruna Wonosobo yang tak hanya sekali menjadi jaura nasional, hingga mendatangkan menteri Sosial saat kecamatan Mojotengah memenangi juara menjadi bukti bahwa Wonosobo tidak kalh dengan daerah lain. Diharapkan Eko, kedepannya akan ada pelatihan pemandu wisata hingga ke desa-desa dan juga melibatkan beberapa pilar sosial termasuk TKSK, PSM, dana PKH yang juga berkiprah di bidang sosial.
“harapan Kami, bagaimana agar kita (karang taruna) bisa bermitra dengan dunia usaha untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat, mengingat membutuhkan kiat efektif untuk membantu menghilangkan taraf kemiskinan yang melekat di Wonosobo saat ini,” kata Edy Riyanto, Kabid SosBud Bappeda dan Pembina Karang Taruna yang menyambut positif akan dihidupkannya kembali Dinas Sosial di OPD mendatang. (win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here