Kementerian ESDM Serahkan Sumur Bor dan PJU-TS Kepada Pemkab Wonosobo

WONOSOBOZONE – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serahkan sumur bor air tanah dalam dan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) kepada Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Selasa (12/2).

Ir. FX. Sutijastoto, MA, Kepala Badan Litbang Energi dan Sumbet Daya Mineral, Kementreian ESDM menyerahkan sumur bor air tanah dalam dan PJU-TS yang merupakan program Kementerian ESDM tahun 2018 kepada Pemkab Wonosobo yang diterima oleh Wakil Bupati Wonosobo, Ir. Agus Subagiyo, M.Si dan disaksikan oleh Anggota Komisi VII DPR RI, Tjatur Sapto Edy.

Bertempat di lokasi sumur bor Kelurahan Kaliwiro, Kecamatan Kaliwiro. FX. Sutijastoto, juga menyampaikan bahwa pada kesempatan ini diserahkan 2 unit sumur bor yang terletak di Kelurahan Kaliwiro dan Desa Sukoreno Kecamatan Kaliwiro dengan anggaran sekitar 800 juta rupiah.

Sumur sumur bor tersebut memiliki spesifikasi teknis, kedalaman 110 meter, debit rata rata 1,8 Liter/detik, dengan kontruksi pipa galvanis diameter 6 inchi, pasokan listrik dari genset dengan kapasitas 11 kVA, menggunakan pompa selam 3 PK, dan dilengkapi dengan rumah genset, rumah pompa, dan bak penampungan air berkapasitas 5000 Liter. Kapasitas layanan tiap sumur bor ini sampai dengan 2.600 jiwa.

Menurut FX. Sutijastoto, sampai dengan akhir 2018, Badan Geologi Kementerian ESDM telah berhasil membangun sebanyak 2.288 unit sumur bor di seluruh Indonesia, dengan kapasitas debit air bersih mencapai 144,4 juta meter kubik/tahun dan dapat melayani kurang lebih 6,6 juta jiwa. “dan di Wonosobo sendiri dari tahun 2017 hingga 2018 telah berhasil dibangun sebanyak 11 unit sumur bor dengan kapasitas produksi air bersih mencapai 668 ribu meter kubik/tahun dan dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk 30 ribu jiwa,” jelas Sutijastoto.

BACA JUGA:  70 Akseptor dapat KB gratis di Kec. Sukoharjo

“Selain penyerahan 2 unit sumur bor, pada kesempatan ini juga diserahkan secara simbolis program pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) kepada Pemkab Wonosobo, sebanyak 90 unit yang tersebar di 90 titik di Wonosobo,” pungkas Sutijastoto.

Sementara pada kesempatan itu Wakil Bupati Wonosobo, Ir. Agus Subagiyo, M.Si juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian ESDM dan Komisi VII DPR RI yang telah mendukung pembangunan di Kabupaten Wonosobo.

“Semoga bantuan sumur bor air tanah dalam dan PJU-TS ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Wonosobo, terutama masyarakat dilokasi sumur bor, sehingga Wonosobo bisa terentaskan dari kemiskinan, karena Kabupaten Wonosobo merupakan Kabupaten Termiskin di Jawa Tengah dengan berbagai indikator yang ada, seperti masalah pendidikan, kesehatan,” jelas Agus Subagiyo.

Agus Subagiyo juga berharap kepada Kementerian ESDM dan Komisi VII DPR RI agar kedepan bisa ikut terus membangun Wonosobo dengan berbagai programnya. Sehingga kedepannya angka kemiskinan di kabupaten Wonosobo akan terus menurun, seperti tahun tahun belakangan ini angka kemiskinan di Wonosobo juga mengalami penurunan.

“Penurunan angka kemiskinan di Wonosobo dari tahun ke tahun mengalami penurunan, itu merupakan dampak dan wujud dari pembangunan yang terus dilakukan oleh Pemkab Wonosobo, Propinsi maupun Pusat melalui berbagai programnya,” pungkas Agus Subagiyo.

KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.