99 Kelompok Seni Dapatkan Bantuan Alat

WONOSOBOZONE – Sebanyak 99 kelompok seni yang ada di Kabupaten Wonosobo dapatkan bantuan alat Kesenian dari Pemerintah Daerah Kabupaten dan DPR Kabupaten Wonosobo melalui Dinas Pariwisata. Secara simbolis diserahkan oleh Bupati didampingi Anggota DPR dan Kepala Dinas Pariwisata di Pendopo Selasa (11/12).
.
Menurut laporan Kepala Dinas Pariwisata One Andang Wardoyo, mengatakan latar belakang dari kegiatan ini adalah bahwa Wonosobo memiliki khasanah dan kekayaan budaya yang sangat luar biasa, baik kesenian tradisional maupun kontemporer.

.

Pemkab berkomitmen bahwa kesenian dan kebudayaan harus di kembangkan, karena akan membentuk karakter masyarakat. Sehingga diharapkan masyarakat Wonosobo terutama para generasi muda nantinya akan menjadi generasi yang berbudaya dan berkarakter.  Apalagi menghadapai serangan di era globalisasi seperti sekarang ini.

.

Selain itu dengan budaya, nanti akan di integrasikan dengan kepariwisataan, sehingga dengan budaya yang maju, maka pariwisata akan maju pula. Dari hal itu diharapan akan semakin banyak orang yang datang berkunjung ke Wonosobo.

.


Namun Andang mengingatkan kepada masyarakat Wonosobo untuk tetap bersikap, ramah santun dan arif terhadap para tamu atau turis yang datang Ke Wonosobo. “Ketika banyak orang yang datang ke Wonosobo tetapi masyarakat kadang masih suka “pungnak pungno” mumpung enak mumpung ono, dalam artian memanfaatkan situasi, misal dengan menaikan tarif yang kurang pantas”, katanya.  Karena dengan perlakuan seperti itu dikhawatirkan akan berpengaruh buruk terhadap perkembangan dan nama baik pariwisata Wonosobo.

.

Apalagi di era medsos seperti sekarang ini. Yang begitu cepatnya menyebarkan informasi baik yang positif maupun negatif. 

.


Andang juga menyampaikan sebuah apresiasi penghargaan dan prestasi yang di berikan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan kepada Pemkab Wonosobo sebagai Kabupaten Yang Berkomitmen Untuk Mengembangkan Kebudayaan.

.

Dari 500 Kabupaten/Kota se-Indonesia hanya dua yang mendapatkan penghargaan tersebut yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kota Tomohon. Sehingga terkait hal ini Kementrian Dikbud memberikan fasilitas di tahun depan dengan program Indonesiana, yang mendorong untuk membuat festival berskala Nasional bahkan Internasional yang dikemas dengan festival sindoro sumbing.

.


Terkait bantuan alat kesnian tersebut Bupati Wonosobo berharap bahwa komunitas Kesenian bisa kembangkan seni dan tradisi dengan dimulai darii wilayah masing-masing sehingga bisa mendongkrak pariwisaata baik di lingkup wilayahnya maupun di lingkup Kabupaten Wonosobo pada umumnya. “Kembangkan seni, hidupkan dan lestarikan”, katanya.

.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati berkesempatan membuka gelaran yang juga terkait dengan Kesenian dan Budaya. Pembukaan Giriseba yang digelar di Gedung Adipura Kencana. Yang didalamnya menampilkan pameran barang seni dan antik. 
BACA JUGA:  Jalur Kereta Api Wonosobo - Purwokerto akan Diaktifkan kembali
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.