87 WARGA NGUNGSI KARENA 15 RUMAH DI BANJARNEGARA ROBOH AKIBAT TANAH BERGERAK

BANJARNEGARA – Belasan rumah terpaksa dirobohkan karena sudah tidak layak huni dan berada di zona bahaya akibat bencana tanah bergerak yang terjadi di Dusun Kalientok, Banjarnegara, Jawa Tengah terus meluas.

Bencana tersebut mengakibatkan sebanyak 87 warga dari 25 kepala keluarga (KK) di dusun tersebut harus mengungsi ke tempat yang lebih aman yaitu di 15 lokasi yang tersebar di Desa Kebutuh Jurang dan Duren.

Hingga kini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara masih memantau lokasi bencana. Warga yang rumahnya rusak akan direlokasi ke tempat yang aman menunggu kajian dari PVMBG.

Anggota Babins Pagedongan, Sertu Masrur mengatakan, area lokasi hingga saat ini masih mengalami pergerakan tanah saat pascaturunnya hujan deras.

“Warga khususnya kaum laki-laki dan anggota TNI malam ini berjaga-jaga di lokasi karena sejumlah barang warga masih berada di dalam rumah yang masuk dalam zona bahaya,” katanya, Senin (25/2/2019).

Menurut Masrur, warga yang rumahnya berada di zona bahaya sudah diungsikan ke belasan lokasi. Selain di titik-titik pengungsian yang sudah disediakan pemerintah, sebagian warga ada yang mengungsi ke rumah saudara.

Korban bencana tanah bergerak, Tursinem mengaku terpaksa tinggal di pengungsian karena rumahnya sudah tidak bisa ditempati.

“Rumah saya sudah tidak bisa ditempati lagi karena rusak parah. Saya di sini (pengungsian) bareng puluhan warga,” katanya.

Harapannya pemerintah daerah bisa segera memberikan bantuan dan direlokasi ke tempat yang lebih aman. “Harapannya sih secepatnya direlokasi. Saya khawatir kalau hujan karena tanahnya bergerak,” pungkasnya.

Artikel dikutip daei inews.id Penulis Elis Novit / Kastolani Marzuki, link
https://www.inews.id/daerah/jateng/15-rumah-di-banjarnegara-roboh-akibat-tanah-bergerak-87-warga-ngungsi/470361

BACA JUGA:  Kecantikan Wanita Terlihat Dari Kecantikan Giginya
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.