80 % Website OPD Aktif Mutakhirkan Konten

WONOSOBOZONE – Pemutakhiran konten website resmi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Wonosobo menunjukkan perkembangan menggembirakan. Tak kurang dari 18 dari 22 OPD yang ada kini telah aktif memperbarui secara rutin konten website mereka.

Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo, Priyo Cahyono menyebut, meski positif, hal ini masih perlu ditingkatkan agar upaya untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik di lingkup Pemerintah Kabupaten Wonosobo dapat tercapai secara optimal.

“Dari sisi aktifasi website, sudah 100 %, baik di lingkup OPD, Kecamatan bahkan hingga ke Desa dan Kelurahan, namun memang untuk memutakhirkan konten, masih ada beberapa yang belum rutin,” terang Priyo ketika ditemui seusai rapat koordinasi dan evaluasi admin Website PPID Kabupaten Wonosobo, di aula Dinas Kominfo, Selasa (19/2).

Demi mendorong aktifasi admin Web di lingkup OPD, Priyo mengaku sengaja menggelar rapat koordinasi dan evaluasi di awal tahun, agar progress ke depan lebih positif lagi. Tak sekedar pemutakhiran konten saja, Priyo menilai admin website di OPD juga selayaknya juga perlu memiliki keterampilan untuk mengelola website agar semakin menarik minat warga masyarakat untuk mengunjuginya.

Hal itu menurutnya tidak sulit untuk dilakukan mengingat saat ini masyarakat, khususnya generasi muda rerata sudah akrab dengan teknologi informasi.

“Memanfaatkan media sosial kami pikir mesti dicoba karena saat ini sebagian pengguna telpon pintar memiliki akun medsos seperti Facebook, Instagram maupun twitter,” ungkapnya lebih lanjut.

Dengan mengunggah potongan informasi yang ada di website resmi ke medsos, respon masyarakat dinilainya akan lebih cepat sehingga minat membukanya juga akan meningkat. sejumlah informasi yang memerlukan pemutakhiran, seperti Daftar Informasi Publik (DIP), rencana strategis (Renstra) hingga adanya layanan aduan masyarakat, disebut Priyo dapat dipromosikan melalui media sosial.

BACA JUGA:  200 Pesepeda IPSO Wonosobo Lakukan Touring Sejauh 130KM

Hal itu senada dengan arahan Kepala Bidang IKP, Bambang Sutejo ketika mengawali rakor evaluasi tersebut.

Menurut Bambang, seorang admin website resmi milik pemerintah memang perlu terus memperbarui pengetahuan mereka terutama dalam kaitannya dengan dunia teknologi informasi dan komunikasi.

“Melalui rakor ini kami berharap agar para admin Website di masing-masing OPD hingga Keacamatan yang ada, untuk terus bersemangat menjalankan peran dalam hal pemutakhiran isi web agar warga masyarakat memperoleh informasi dari sumber yang dapat dipercaya,” ungkap Bambang.

Selain demi mewujudkan keterbukaan informasi publik, aktifnya web resmi di lingkup Pemkab disebut Bambang juga menjadi penilaian khusus dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah.

Dengan semakin aktifnya website resmi di lingkup Pemkab, maka nilai keterbukaan dan transparansi informasi untuk jajaran Pemkab Wonosobo diyakini Bambang juga bakal positif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.