605 CPNS Resmi Jadi Pegawai Negeri Sipil Lewat SK Jalur K2

WONOSOBOZONE – Sedikitnya 605 CPNS pada Senin, 11 April, secara resmi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang ditandai dengan pengambilan sumpah dan penyerahkan Surat Keputussan (SK) PNS jalur Kategori Dua (K2) oleh Bupati Wonosobo, Eko Purnomo. Para CPNS ini merupakan pegawai yang diangkat pada 2014 silam. Penyerahan SK dan pengambilan sumpah jabatan, yang digelar di Gedung Adipura Kencana ini juga dihadiri Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Kepala Bagian Organisasi dan Kepegawaian (Orpeg) dan beberapa pejabat lainnya.
Bupati berharap dengan diambilnya sumpah para CPNS yang diangkat menjadi PNS, mereka dapat melaksanakan tugas sesuai tangung jawab yang sudah diberikan. Menurutnya sumpah yang diucapkan para CPNS, bukan hanya sekadar ucapan saja, tapi memiliki pertangungjawaban kepada  Allah dan  negara.Meski demikian, selaras hal ini, PNS dituntut untuk mampu melaksanakan amanah sebagai aparatur negara, aparatur pemerintahan dan abdi masyarakat, untuk terus meningkatkan kedisiplinan dalam budaya kerja, sebagai salah satu bentuk kewajiban selaku PNS, sekaligus melaksanakan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010, tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, serta mampu bekerja dengan penuh tanggung jawab, berprestasi, tulus dalam bertugas dengan memahami tugas dan fungsi, kemudian selalu menjalin komunikasi dengan pimpinan.
Eko menegaskan, untuk mendukung dan mewujudkan reformasi birokrasi yang sedang dan terus di galakkan, terutama di Kabupaten Wonosobo, khususnya di bidang kepegawaian, tidak ada pungutan. Jika ditemukan ada kasus pungutan, para PNS dipersilahkan untuk lapor kepada lembaga terkait.
Sementara itu, KaBag Orpeg, Maria Susiawati menerangkan, berdasar Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN), semua pegawai harus memiliki jabatan, sehingga para CPNS yang sudah diambil sumpahnya ini, nantinya akan ditempatkan menjadi PNS dengan Jabatan Fungsional Khusus dengan mempertimbangkan tiga aspek, yakni berdasarkan formasi yang ada di Pemerintah Kabupaten Wonosobo, kemudian dengan melihat klarifikasi pendidikan atau ijazah yang mereka miliki, serta uraian tugas yang dilaksanakan di SKPD selama ini, sehingga nantinya akan sesuai dengan kompetensi masing masing. Maria menambahkan, semula jumlah CPNS K2 yang akan diambil sumpahnya ini berjumlah 607 pegawai, namun karena satu tidak memenuhi syarat dan satu meninggal dunia, sehingga jumlahnya menjadi 605 pegawai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here