6 Krida Saka Bakti Husada

WONOSOBOZONE – Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Bina Pengendalian Penyakit, Krida Bina Gizi, Krida Bina Obat, Krida Bina PHBS, merupakan 6 Krida yang ada di Satuan Karya Pramuka (SAKA) Bakti Husada. Dimana SAKA Bakti Husada merupakan wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan ketrampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. Demikian disampaikan ketua PINSAKA Bakti Husada Kabupaten Wonosobo, Suherni, pada acara pelantikan Dewan dan Anggota Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo Periode 2017-2019. Bertempat di aula Dinas Kesehatan, Selasa (07/02).
Sementara pada kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, Okie Hapsoro, selaku Ketua Majelis Pembimbing SAKA Bakti Husada, menyampiakan bahwa dengan pelantikan pengurus Dewan dan anggota SAKA Bakti Husada, dapat meningkatkan mutu karya dengan beberapa strategi yang telah disepakati. Sehingga nantinya akan terbentuk para kader muda yang sehat dan cerdas yang siap untuk membantu pemerintah dalam menyampaikan permasalahan kesehatan kepada masyarakat.
Okie juga menyampaikan bahwa pada tanggal 22 Februari 2017, Dinas Kesehatan akan melakukan gerakan pasang kelambu. Dimana Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo akan membagikan 1000 kelambu kepada masyarakat desa Kupangan, Kecamatan Sukoharjo. Gerakan pasang kelambu ini merupakan gerakan untuk mencegah masyarakat dari berbagai macam penyakit akibat gigitan nyamuk. Oleh karena itu peran SAKA Bakti Husada diperlukan untuk membantu Pemerintah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahayanya nyamuk bagi kesehatan. Selain itu juga ikut mensosialisasikan tentang pentingnya jamban keluarga. Karena jamban merupakan awal dari hidup bersih. Di Kabupaten Wonosobo sendiri baru sekitar 50% warganya yang menggunakan jamban keluarga.
Hingga saat ini SAKA Bakti Husada Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo memiliki 60 orang anggota yang berasal dari para pelajar SMA/SMK. Mereka melakukan kegiatan/latihan rutin setiap hari Minggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here