38 Sepeda Motor Curian Diamankan, Komplotan Pelaku Curanmor Diringkus

Kapolres Interogasi para tersangka, reka adegan pencurian, 38 motor yang berhasil diamankan
WONOSOBOZONE – Kepolisian Resort Wonosobo kembali berhasil membongkar komplotan pencuri kendaraan bermotor yang biasa beroperasi dengan cara berkelompok menggunakan mobil sewaan. Dari hasil ekspose tersangka dan barang bukti yang digelar di halaman Mapolres pada Kamis (23/6), diketahui komplotan tersebut terdiri dari 8 orang asal Sapuran dan Kepil, serta telah mencuri tak kurang dari 36 kendaraan sepanjang Tahun 2016 ini. Kapolres Wonosobo, AKBP Aziz Andriansyah mengungkap kronologi penangkapan para pencuri sepeda motor tersebut berawal dari laporan warga yang kehilangan sepeda motor merk Yamaha Vega R, awal Juni lalu. “Polisi lantas menyelidiki secara intensif dan dari keterangan para saksi diketahui bahwa para pencuri mengendarai mobil Suzuki APV berwarna putih,” jelas Aziz.

Pengembangan keterangan saksi tersebut, dikatakan Aziz mengarah pada seorang pemilik mobil, yang akhirnya mengakui bahwa mobil yang dimaksudkan memang miliknya, namun tengah disewa. “Mobil ternyata disewa oleh salah satu tersangka, dan digunakan untuk berburu kendaraan bermotor dengan model semi patroli,” terang Kapolres. Komplotan tersebut, menurut Aziz ditangkap oleh jajaran Polsek Sapuran dan Polsek Kepil ketika tengah berada di perjalanan hendak berburu motor untuk dicuri. “Di dalam mobil diamankan pula peralatan untuk memuluskan aksi pencurian seperti kunci T dan alat potong kabel. “Para pencuri ini baru melakukan aksi ketika melihat sasaran aman dan turun sendirian atau berdua dengan pasangan yang berganti-ganti,” lanjut Aziz. Tempat kejadian perkara pun, menurut Aziz tak hanya di seputar Wonosobo, namun juga sampai ke Banjarnegara, Batang, Klaten, Purworejo dan Kendal. “Untuk TKP yang di Wonosobo beberapa di antaranya adalah wilayah Kecamatan Kepil, Kaliwiro, Sapuran, Garung, dan Sukoharjo,” bebernya. Rata-rata kendaraan hasil curian, menurut Aziz dijual jauh di bawah harga pasar, sekitar 2 Juta sampai 3 Juta Rupiah per unit, dan dimodifikasi sehingga tak lagi seperti aslinya.

Untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut, Aziz mengaku masih berupaya menggali keterangan dari para tersangka, karena berdasar perkiraan jumlah kendaraan yang dicuri bisa mencapai ratusan unit. “Yang sementara ini kami amankan baru 36 kendaraan, dan segera kami rilis nomor polisi maupun nomor rangka serta nomor mesinnya agar pemilik kendaraan bisa mengetahuinya dan mengambil di Polres Wonosobo,” tutur Aziz. Selain berjanji akan tetap intensif dalam operasi penegakan hukum, Aziz juga mengimbau kepada warga masyarakat agar lebih waspada dan hati-hati ketika meninggalkan kendaraan di tempat umum. “Rata-rata kendaraan yang dicuri juga karena kelalaian pemiliknya, seperti lupa mengunci stang sehingga memudahkan pelaku melancarkan aksinya,” pungkas Aziz.

Bagi masyarakat kabupaten Wonosobo, Banjarnegara, Batang, Klaten, Purworejo dan Kendal yang merasa kehilangan kendaraan bermotor kurun waktu Maret 2016 s/d Juni 2016, silahkan menghubungi Sat Reskrim Polres Wonosobo atau Hubungi melalui Whatapp 082225905997 (Iptu Eko Bambang Nur Tjahjo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here