30 Korban Tindak Kekerasan Perempuan dan Anak Terima Bantuan

WONOSOBOZONE – Sebanyak 30 orang korban tindak kekerasan perempuan dan anak menerima bantuan pendampingan berupa rehabilitasi dan uang. Bertempat di aula Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Wonosobo, Kamis (12/10).

Selain bantuan kepada 30 orang korban tindak kekerasan perempuan dan anak, pada kesempatan itu jga diberikan bantuan stimulan transport bagi penderita penyakit kronis kepada 12 orang.

Menurut Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial PMD Kabupaten Wonosobo, Sunaryo, bantuan uang yang diberikan kepada 30 orang korban kekerasan perempuan dan anak masing masing sebesar 1,3 juta rupiah. Dan kepada 12 orang penderita penyakit kronis masing masing 500 ribu rupiah, yang berasal dari APBD Kabupaten Wonosobo 2017.

Pada kesempatan itu Sunaryo juga menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah untuk memberikan pelayanan dan rehabilitasi bagi korban serta berupaya memberikan pendampingan bagi korban tindak kekerasan terhadap anak dan perempuan, agar dapat berfungsi sosial secara psikologis. Selain itu juga memberikan pelayanan dan motivasi bagi penderita penyakit kronis agar selalu bersedia datang ke puskesmas dan rumah sakit untuk pemulihan kesehatannya.

“Selain bantuan berupa uang, Pemerintah juga terus berusaha memberikan layanan rujukan bagi korban anak ke rumah perlindungan sosial anak, mengembalikan tekanan psikologis atau trauma serta support anak dan perempuan korban kekerasan agar berfungsi sosial secara wajar dan mengentaskan penderita penyakit kronis dan memulihkan mental serta sosialnya dalam kehidupan keluarga dan masyarakat. Apalagi di Kabupaten Wonosobo tahun 2017 ini terdapat 45 anak dan 76 orang dewasa korban kekerasan, serta 412 orang penderita penyakit kronis” pungkas Sunaryo.

Pada kesempatan itu, penerima bantuan selain mendapatkan bantuan berupa uang juga diberikan sosialisasi dan motivasi dari TP. PKK, Dinas Kesehatan dan Dinas KKB PP PA Kabupaten Wonosobo.

BACA JUGA:  Memasuki Masa Akhir Musim, Harga Tembakau Turun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.